Tiga Komplotan Pencuri Laptop di Padang Diciduk


Kamis, 25 Juni 2020 - 16:10:50 WIB
Tiga Komplotan Pencuri Laptop di Padang Diciduk ilustrasi penangkapan

HARIANHALUAN.COM - Tiga komplotan pencuri laptop yang kerap beraksi di kawasan Lubuk Begalung, Kota Padang berhasil diamankan polisi pada Selasa (23/6/2020) sore. Penangkapan terhadap ketiga tersangka ini berhasil setelah petugas menyamar sebagai pembeli barang yang mereka melalui online shopping (jualan online). 

Kapolsek Lubuk Begalung, AKP Andi Parningotan Lorena mengatakan, penangkapan terhadap ketiga tersangka ini bermula dari salah seorang tersangka yang bernama Iqbal Suhendra (25) yang memposting laptop hasil pencurian tersebut secara daring (online). Kemudian, tim Opsnal yang sudah menerima laporan dari korban, berpura-pura sebagai pembeli laptop tersebut.

"Mereka pun berjanji bertemu dengan Iqbal di sebuah rumah kawasan Jalan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan. Berdasarkan laporan polisi nomor: LP/123-B/VI/2020/Sektor Lubeg tanggal 23 Juni 2020, petugas kita pun lantas bergerak menuju lokasi," kata Kapolsek. 

Setelah bertemu dengan tersangka Iqbal, polisi langsung menciduknya dan melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Dari nyanyian Iqbal, kemudian didapatkan nama tersangka Imam Rakes Nuriman (22) yang berperan sebagai penadah dan Yulfizal alias Gomok (46) yang menjadi tersangka pencurian tersebut.

"Laptop curian itu dalam penguasaan Iqbal. Dia sebagai penjual, sementara penadahnya adalah Rakes dan eksekutor di lapangan adalah Yulfizal alias Gomok," jelas Kapolsek, Kamis (25/6/2020).

Dari keterangan tersebut, petugas langsung mencari keberadaan kedua tersangka. Tak perlu lama, Buyung Gomok berhasil diciduk petugas ketika sedang duduk di sebelah gudang pinang kawasan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan. Setelah itu, juga menangkap paksa tersangka Imam di kawasan Seberang Padang.

Saat ini, ketiga tersangka sudah diamankan di Polsek Lubuk Begalung berikut dengan barang bukti berupa satu unit Laptop merk Acer warna hitam lengkap dengan charger dan mouse, satu obeng test pen, satu helai baju kaos lengan panjang dan satu helai celana training panjang warna hitam yang digunakan tersangka saat melakukan aksi pencurian.

"Para tersangka ini mengaku uang hasil penjualan laptop itu akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli sabu. Sementara itu, untuk ketiganya terancam pidana sebagaimana diatur dalam pasal 363 KUHPidana," tutupnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]