Ini Keistimewaan Jumat, Raja Segala Hari


Kamis, 25 Juni 2020 - 20:45:32 WIB
Ini Keistimewaan Jumat, Raja Segala Hari Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - HARI Jumat dikenal sebagai sayyidul ayyam atau rajanya hari. Pada waktu ini juga memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam, salah satunya saat mustajabnya doa.

"Hari Jumat adalah hari terbaik untuk beribadah dan berdoa," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI KH. Asrorun Ni’am Sholeh seperti dikutip dari Sindonews.

Rasulullah SAW bersabda:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat” (HR Muslim).

Kemudian, Rasulullah juga menganjurkan kepada umatnya agar memperbanyak membaca sholawat di hari Jumat. Kelak di hari kiamat Nabi akan memberi syafaat, serta keberkahan lainnya baik di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah salawat kepadaku di dalamnya karena salawat kalian akan di tunjukkan kepadaku. Para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi lalu bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi’.”(HR Abu Da wud, Ibnu Majah, An-Nasa’i).

"Keistimewaan lain hari Jumat adalah saat-saat dikabulkannya doa, yaitu saat-saat terakhir setelah salat Ashar (seperti yang dijelaskan dalam banyak hadist) atau di antara duduknya imam di atas mimbar saat berkhutbah Jumat sampai sholat selesai ditunaikan," Kiai Asrorun.

Kiai Asrorun melanjutkan, Allah SWT mengkhususkan waktu Jumat hanya untuk umat Islam. Di dalamnya banyak rahasia, serta keutamaan yang datangnya langsung dari Allah. (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]