Pemnag Lubuk Gadang Selatan Usulkan 503 KK Calon Penerima BLT Tambahan dari APBD Solok Selatan


Kamis, 25 Juni 2020 - 23:44:00 WIB
Pemnag Lubuk Gadang Selatan Usulkan 503 KK Calon Penerima BLT Tambahan dari APBD Solok Selatan Wali Nagari Lubuak Gadang Selatan, Arnaldo

HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari Lubuk Gadang Selatan (LGS) Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Solsel) usulkan 503 Kepala Keluarga (KK) sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tambahan dari alokasi dana APBD kabupaten.

Wali Nagari LGS Arnaldo pada Harianhaluan.com, Kamis (25/6/2020) menyatakan jumlah usulan tersebut tersebar di 15 Jorong yang ada di nagari setempat, termasuk nagari pemekaran.

"Pengusulan BLT tambahan ini dari total kisaran 1.000 KK yang belum mendapatkan hanya 503 KK diusulkan. Hal ini asumsinya sisanya merupakan warga yang berprofesi sebagai pengusaha dan ASN," katanya.

Dia menyampaikan, jika pihak Pemerintahan Nagari LGS mengantarkan usulan tambahan pada Selasa (23/6/2020) ke Dinsos dan PMD Solsel. 

"Data usulan dari masyarakat masuk pada Senin (22/6/2020) melalui wali Jorong," bebernya.

Arnaldo mengatakan, jumlah KK di nagari LGS berkisar 4.000 KK dan yang telah tercover melalui berbagai skema BLT yakni: bersumber BLT Kabupaten sebanyak 1.436 KK, bersumber dari Dana Desa 318 KK, dari BLT Provinsi Sumbar sebanyak 315 KK dan BLT yang bersumber dari Kementerian Sosial 616 KK. Terakhir, usulan tambahan dari BLT kabupaten 503 KK.

Kemudian, dari 1.436 KK yang bersumber dari BLT kabupaten masih ditemukan sekitar 182 KK bermasalah sehingga dilihkan jika tidak memenuhi persyaratan.

"Permasalahan diantaranya, data ganda dan KK invalid. Bahkan, tiga KK diantaranya tidak memiliki NIK. Penerima manfaat BLT itu tidak termasuk yang menerima PKH dan Bantuan sosial lainnya dari pemerintah pusat," ungkapnya.

Pihaknya berharap, semua data usulan tambahan tersebut bisa terpenuhi dengan skema BLT. (*)

Reporter : Jefli /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]