Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari


Jumat, 26 Juni 2020 - 05:59:31 WIB
Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari Kepala DPMD Sumbar, Syafrizal. Ist

HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka penguatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2020 “Bakti untuk Nagari” di Sumbar. Unand yang setiap tahun mengadakan KKN, menyiapkan diri dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) melalui Zoom Meeting.

Tampil lima nara sumber yaitu Prof. DR. Elfindri, SE.,MA (Guru Besar Ekonomi Unand), DR. dr. Yevri Zulfikar, Sp.B (Direktur RS Unand), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Kadis PMD Sumbar), DR. Ir. Eri Gas Eka Putra (Ketua NDC) dan DR. Aidinil Zetra (Wakil Dekan Fisip Unand). FGD ini dibuka langsung oleh Rektor Unand Prof. DR. Yuliandri, SH.,MH.

FGD ini dimaksudkan untuk menghimpun masukan dari para pakar dan pejabat teknis, sehingga diperoleh kemasan KKN yang terintegrasi dengan pembangunan nagari sesuai dengan harapan dan tujuan KKN Tematik 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM dalam FGD ini mengatakan, KKN yang terintegrasi dengan pembangunan nagari/desa merupakan revitalisasi KKN, dimana KKN dirancang dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Sehingga KKN Tematik ini ke depan diharapkan menjadi inisiatif gerakan bersama membangun nagari/desa.

Menurut Syafrizal Ucok, bagi masyarakat nagari/desa, KKN Tematik akan menumbuhkan gagasan kritis masyarakat terhadap permasalahan yang terjadi di nagari/desa dan sekaligus mendorong lahirnya ide dan gagasan kreatif untuk mencarikan solusinya.

Bagi mahasiswa, kegiatan KKN akan memperluas ruang untuk belajar bersama masyarakat tentang pembangunan nagari/desa. “Sinergi masyarakat nagari dan mahasiswa KKN serta pemerintahan nagari merupakan kekuatan yang besar jika mampu dikolaborasikan dengan baik,” kata Syafrizal Ucok.

Menyangkut wabah pandemi Covid-19 ini, Syafrizal Ucok juga menyinggung dalam FGD ini kegiatan di nagari yaitu penyaluran BLT Dana Desa, April-Juni. Saat ini BLT Dana Desa sudah memasuki pencairan bulan kedua.

Memasuki new normal, nagari/desa di Sumbar akan fokus pada PKTD (Padat Karya Tunai Desa) yaitu proyek fisik dengan Dana Desa yang melibatkan tenaga kerja harian. Selain itu mendorong penguatan aktifitas Bumnag untuk membangkitkan perekonomian di nagari/desa. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 18:06:38 WIB

    Syafrizal: Kita Rindu Pemerintahan dan Adat Bersatu di Nagari

    Syafrizal: Kita Rindu Pemerintahan dan Adat Bersatu di Nagari HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari di Sumbar seperti masa lalu sebelum berlakunya Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979 Tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Desa/Kelurahan, sangat dirindukan oleh masyarakat. Pada saat itu, pemerin.
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:10:42 WIB

    Syafrizal: Nagari di Sumbar Memiliki Potensi yang Bisa Digarap

    Syafrizal: Nagari di Sumbar Memiliki Potensi yang Bisa Digarap HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan, wisata Embung Sungai Abu merupakan salah satu nagari yang mampu berinovasi dan jeli memanfaatkan potensi nagari seperti Nag.
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 18:04:43 WIB

    Syafrizal: Nagari yang Tidak Bayarkan BLT, Dana Desanya Ditahan

    Syafrizal: Nagari yang Tidak Bayarkan BLT, Dana Desanya Ditahan HARIANHALUAN.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal menegaskan kembali kepada pemerintah nagari untuk wajib membayarkan BLT Dana Desa, baik Fase 1 (April, Mei dan Juni) maupun Fase 2 (Juli, Agustus da.
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 06:53:52 WIB

    Syafrizal: Nagari Taram, Salah Satu yang Dijadikan Nagari Adat Persiapan

    Syafrizal: Nagari Taram, Salah Satu yang Dijadikan Nagari Adat Persiapan HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan Nagari Taram adalah salah satu nagari di Sumatera Barat yang akan dijadikan Nagari Adat Persiapan bersama tiga nagari lainnya..
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 10:48:06 WIB

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari

    Syafrizal: Pembangunan Muara Kesejahteraan Masyarakat di Nagari HARIANHALUAN.COM - Tentara Manunggal Membangun Nagari (TMMN) dapat mempercepat pembangunan daerah, yang berujung pada kesejahteraan. Bentuk kongkritnya adalah berupa pembangunan infrastruktur yang membuka akses daerah dan pem.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]