BLT Dana Desa di Sumbar Tak Boleh Berupa Sembako, Harus Uang


Jumat, 26 Juni 2020 - 06:03:08 WIB
BLT Dana Desa di Sumbar Tak Boleh Berupa Sembako, Harus Uang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar mengungkapkan masalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), bahwa yang menjadi sasaran dari BLT DD ini adalah Kepala Keluarga (KK) Miskin Non Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Non Tunai (BPNT), yakni Keluarga yang kehilangan Mata Pencahariannya.

"Kemudian, masyarakat yang belum terdata (exclusion error) dan yang mempunyai anggota keluarga sakit menahun (kronis)," kata Kepala DPMD Sumbar, Syafrizal dikutip dari laman resmi DPMD Sumbar, Jumat (26/6/2020).

Khusus BLT Dana Desa, Syafrizal menegaskan, tidak boleh diberikan dalam bentuk sembako. Untuk penerimaan BLT Dana Desa di Kabupaten Agam lebih kurang sekitar 11.443 KK. Penggunaan BLT dana desa di nagari-nagari merupakan kewenangan dari pusat.

"Sementara pemerintah daerah atau nagari hanya membagikan dengan mempedomani aturan yang berlaku," ujar Syafrizal.

Dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 tahun 2020 tentang penyaluran dana desa agar dapat direalisasikan secepatnya. Di Kabupaten Agam sendiri terdapat 6 (enam) nagari yang menjadi nagari adat yaitu Nagari Pakan Sinanyan, Sungai Pua, Tigo Balai, Kapau, Geragahan, Lawang.

Komisi I DPRD Fraksi Demokrat, Fery Andriano mengatakan, hampir 56 persen nagari nagari di Agam menginginkan menjadi nagari adat. Sementara itu, perlu menyikapi tentang perda turunan dari undang- undangkan desa adat atau nagari adat dimana memiliki kearifan lokal sangat kental di Minangkabau.

"Selanjutnya, perangkat adat di Minangkabau jauh berbeda dari desa adat yang ada di daerah lainnya" tutupnya. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]