Awas, Pekerjaan Ini Paling Rawan Terdampak Gelombang PHK


Jumat, 26 Juni 2020 - 07:25:12 WIB
Awas, Pekerjaan Ini Paling Rawan Terdampak Gelombang PHK Infografis/Tingkat Pengangguran Berdasarkan Pendidikan/Aristya Rahadian Krisabella

HARIANHALUAN.COM - Ada dua sektor paling parah terkena dampak pandemi covid-19 yang dilihat dari jumlah tenaga kerja dirumahkan dan PHK. Sektor yang terparah adalah transportasi dan tekstil.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani menyebut, sejauh ini angka pekerja yang dirumahkan dan di PHK sudah mencapai 6,4 juta orang. Dia mengakui angka itu sedikit berbeda dengan angka dari Kementerian Ketenagakerjaan yang hanya 2,8 juta orang yang dirumahkan dan PHK.

"Itu semakin nambah setiap bulannya angka 6,4 juta ini memang saya contohkan dari organda transportasi asosiasi menyampaikan 1,4 juta orang yang dirumahkan dan PHK, kemudian asosiasi pertekstilan Indonesia menyampaikan 2,1 juta orang, kemudian perhotelan menyampaikan kurang lebih 430.000 lebih, dari 20.000 hotel yang tutup dan melapor," kata Rosan, dalam acara webinar, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (26/6/2020).

Ia mengatakan jumlah di lapangan akan lebih besar lagi misalnya di sektor perhotelan. Ini karena kebanyakan tak melapor, seperti perhotelannya daerah Jawa Barat yang melapor, sedangkan hotel di Bali tapi mereka tidak melaporkan soal angka PHK dan dirumahkan.

Dengan pelonggaran pembatasan sosial, menurutnya memang ada harapan produktivitas meningkat, meski jauh dari kata normal seperti sebelumnya. Menurutnya kegiatan usaha juga akan berubah karena adanya protokol kesehatan yang harus dipenuhi.

"Produktivitas dipastikan akan menurun karena faktor physical distancing misalkan di bidang plastik, di satu ruangan biasanya mereka di pabrik bisa 100 satu ruangan, tapi sekarang maksimum hanya 60 orang dan harus ada rotasi shift," katanya. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 13:53:04 WIB

    Awas, Kapal Tempur China Diprediksi Melintasi Indonesia ke India

    Awas, Kapal Tempur China Diprediksi Melintasi Indonesia ke India HARIANHALUAN.COM – Pernyataan Sekretaris Negara Amerika Serikat Mike Pompeo dalam konferensi virtual Forum Brussels pada 25 Juni lalu  yang menyebutkan Indonesia dan negara-negara lainnya di Asia berada dalam ancaman P.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]