Pengamat: Pertarungan Hidup-Mati Justru Jelang Pilgub Sumbar, Karena Bakal Calon Akan Saling Jegal Rebutan Partai Pengusung


Jumat, 26 Juni 2020 - 09:56:51 WIB
Pengamat: Pertarungan Hidup-Mati Justru Jelang Pilgub Sumbar, Karena Bakal Calon Akan Saling Jegal Rebutan Partai Pengusung Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Andalas (Unand), Najmuddin M Rasul. Ist

HARIANHALUAN.COM - Tahapan Pilgub Sumbar kembali bergulir. Mesin partai kembali bergerak untuk segera menentukan jagoannya yang akan berlaga dalam kontestasi merebut kursi nomor 1 di provinsi ini. Sampai saat ini, bakal pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU Sumbar dari jalur perseorangan, yakni Fakhrizal-Genius Umar. Sementara untuk paslon dari partai politik (parpol), pendaftaran dibuka pada 4-6 September.

Bakal paslon Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC) secara resmi diberi amanah Partai Gerindra untuk masuk gelanggang Pilgub 2020.

Menurut Pengamat Komunikasi dan Politik Unand, Najmudin Rasul, setelah bakal paslon NA-IC, hanya ada satu paslon lagi dari parpol yang akan maju. Padahal saat ini banyak mengapung tokoh-tokoh hebat yang mengisyarakatkan ikut dalam laga. Sebut saja, Mulyadi dari Demokrat, Mahyeldi Ansharullah dan Riza Falepi dari PKS, Ali Mukhni dari PAN. Kemudian Gusmal, Faldo Maldini, Shadiq Pasadigoe, dan Fauzi Bahar.

“Berat kalau untuk tiga paslon dari parpol. Saya lihat kemungkinan untuk Pilgub Sumbar ada dua paslon dari parpol dan satu independen. NA-IC sudah dapat SK, kemungkinan ada parpol yang akan bergabung ke situ,” ucapnya, kemarin.

Najmudin menjelaskan, jika melihat peta perolehan kursi di parlemen, tipis kemungkinan ada tiga paslon yang berlaga. Namun, siapa partai yang akan bergabung, ditentukan oleh lobi dan komunikasi di masing-masing parpol.

Terkait kemungkinan koalisi, Hidayat dari Gerindra Sumbar mengakui, pintu komunikasi untuk koalisi menuju Pilgub Sumbar tetap dibuka. Namun tawar-menawar (bargaining) tidak lagi tentang paslon karena Gerindra telah memutuskan mengusung NA-IC.

“Komunikasi dengan parpol lain masih kami buka dan jajaki. Tentu tawaran kita nanti tentang program menuju pembangunan Sumbar ke depan,” tutupnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]