KPU Pariaman Lakukan Rapit Test Bagi PPS


Jumat, 26 Juni 2020 - 10:22:10 WIB
KPU Pariaman Lakukan Rapit Test Bagi PPS Komisioner KPU Kota Pariaman, Doni Kardinal dan Abrar Aziz memantau pelaksanaan rapit tes kepada PPS se Kota Pariaman di halaman Kantor KPU Pariaman, Jumat (26/6). Foto: Yuhendra.

HARIANHALUAN.COM - Sebelum melakukan verifikasi faktual terhadap pendukung bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman melakukan rapit tes kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Pariaman.

"Rapit tes ini dilakukan sesuai dengan surat KPU yang menyatakan petugas harus lakukan rapit tes," kata Komisioner KPU Pariaman, Doni Kardinal di Pariaman, Jumat (26/6).

Koordinator Devisi Teknis ini menyampaikan, rapit dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 yang mewabah beberapa bulan belakangan ini. Pihaknya melakukan ini juga menghindari kecemasan masyarakat saat didatangi oleh PPS ke rumah masing-masing saat verifikasi faktual.

"Hari ini kita lakukan rapit terhadap 108 anggota PPS, dan sisanya 105 lagi akan lanjutka pada hari Sabtu," katanya.

Doni juga menyampaikan, untuk PPS yang telah melakukan rapit hari ini sudah bisa langsung melakukan verifikasi faktual pada Sabtu pagi, dan PPS yang dijadwalkan untuk rapit pada hari Sabtu, akan turun kelapangan setelah selesau rapit tes.

"Untuk hasilnya bisa langsung diketahui, jika ada petugas yang hasilnya reaktif maka akan dilanjutkan pemeriksaan swab, dan karantina," kata Doni.

Sementara, untuk verifikasi faktual bisa digantikan oleh anggota PPS lainnya. Dimana disetiap desa itu ada tiga orang PPS, ia berharap tidak ada PPS yang hasilnya reaktif sehingga verifikasi faktual ini bisa berjalan dengan lancar.

"Semoga hasil tesnya tidak ada yang reaktif," kata Doni.

Selain rapit tes ini, pihak KPU juga diharuskan mematuhi protokol kesehatan covid-19 saat melakukan verifikasi faktual di lapangan, dengan cara tetap menjaga jarak serta memakai alat pelindung diri yang telah disediakan.

"Untuk APD saat ini sudah tersedia, kecuali pelindung wajah, jika tidak ada halangan hari ini pelindung wajah itu juga sampai di KPU Pariaman," katanya.

Sebelumnya, KPU Kota Pariaman akan melakukan verifikasi faktual sebanyak 7.335 dukungan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dari jalur perseorangan pada 27 Juni. (*)

Reporter : Yuhendra /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]