Tolak RUU HIP, Mulyadi: Kita Ingin Adat Minang Tetap Terjaga


Jumat, 26 Juni 2020 - 11:14:30 WIB
Tolak RUU HIP, Mulyadi: Kita Ingin Adat Minang Tetap Terjaga Mulyadi

HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat, Mulyadi menegaskan bahwa Partai Demokrat secara tegas menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Menurutnya, jika RUU tersebut disahkan akan menimbulkan polemik di masyarakat.

"Demokrat satu-satunya partai yang menolak RUU HIP sejak awal. Simplifikasi Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila, serta memasukkan Ketuhanan yang berkebudayaan dengan alasan historis akan berdampak dalam kelangsungan kehidupan sosial agama," jelas Mulyadi.

Mulyadi mengatakan, Pancasila sudah menjadi nilai yang mengakar di kehidupan sosial. Nilai-nilai Pancasila sejalan dengan adat Minang yang kental dengan ajaran-ajaran agama.

“Nilai-nilai Pancasila sangat sesuai dengan adat Minang yang luhur. Kehidupan adat kita yang berlandaskan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah,” ungkapnya.

Penyederhanaan Pancasila juga akan berpengaruh pada keberlangsungan masa depan generasi muda. Mulyadi tak ingin masa depan generasi penerus jauh dari adat Minang yang kental dengan nilai-nilai agama.

"Kami khawatir akan memunculkan generasi muda yang mengabaikan nilai-nilai religiusitas. Tentu hal ini akan menjadi kekhawatiran kita terhadap masa depan bangsa Indonesia," tutupnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jika RUU HIP disahkan,  berpotensi menjadi landasan berdirinya kelompok terlarang. Tentunya, jika hal ini sampai terjadi akan menimbulkan keresahan di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia.

"Jangan sampai ketika RUU HIP ini hadir menjadi UU nanti dijadikan alasan baru bagi kelompok terlarang bangkit lagi. RUU HIP memunculkan keresahan besar terutama di Kalangan Umat Islam, karena berpotensi menciptakan haluan sendiri. Artinya bertolak belakang dengan spirit Pancasila," pungkasnya. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Juni 2020 - 23:10:51 WIB

    Seribu Massa Akan Demo di Jalur Bandara, Tolak TKA China Masuk Sultra

    Seribu Massa Akan Demo di Jalur Bandara, Tolak TKA China Masuk Sultra HARIANHALUAN.COM - Sekitar 105 TKA asal China gelombang kedua akan tiba di Sulawesi Tenggara besok. Massa akan melakukan aksi demonstrasi menolak kedatangan TKA China..
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 00:01:48 WIB

    Ketua Pemuda Pancasila Tolak RUU HIP

    Ketua Pemuda Pancasila Tolak RUU HIP HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Japto juga meminta pecabutan RUU tersebut..
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 12:45:35 WIB

    MK Tolak Gugatan Amien Rais Cs soal Perppu Covid-19

    MK Tolak Gugatan Amien Rais Cs soal Perppu Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) tidak menerima gugatan Amien Rais dkk soal Perppu Corona. Sebab, Perppu itu dianggap telah diubah menjadi UU sehingga objek menjadi hilang secara hukum..
  • Senin, 22 Juni 2020 - 20:28:21 WIB

    Jaksa Tolak Dalih Penyerang Novel Baswedan Adalah Aksi Spontan

    Jaksa Tolak Dalih Penyerang Novel Baswedan Adalah Aksi Spontan HARIANHALUAN.COM - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai dalih bahwa terdakwa menyiramkan air keras kepada penyidik KPK Novel Baswedan secara spontan tidak beralasan dan tidak dapat dibuktikan di persidangan. Sebelumnya, kuasa hu.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 13:16:57 WIB

    Kasasi KPK Ditolak MA, Eks Dirut PLN Tetap Bebas

    Kasasi KPK Ditolak MA, Eks Dirut PLN Tetap Bebas HARIANHALUAN.COM - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait vonis bebas mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir. Perkara tersebut diputus dengan su.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]