Profil RKN, Pengusaha Muda Asal Harau yang Jadi Calon Bupati 50 Kota


Jumat, 26 Juni 2020 - 12:55:48 WIB
Profil RKN, Pengusaha Muda Asal Harau yang Jadi Calon Bupati 50 Kota Rizki Kurniawan N.

HARIANHALUAN.COM - Rizki Kurniawan N atau biasa disebut RKN merupakan salah satu kandidat di Kabupaten Limapuluh Kota yang digadang-gadang akan meramaikan pesta demokrasi pada Pilkada 2020 di daerah ini. Bahkan sekitar 95 persen sudah mendapatkan dukungan dari berbagai partai politik dengan total sebanyak tujuh kursi.

RKN merupakan putra daerah Gurun, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota 32 tahun silam. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, putra dari pasangan Nakasri DT Rajo putiah dan Zuharni. RKN dibesarkan dalam keluarga sederhana yang taat dalam menjalankan agama, bahkan saat berusia delapan tahun sudah mulai belajar tafsir quran yang langsung dipimpin oleh kakeknya Imam Biran.

Perjalanan pendidikan RKN dimulai saat Sekolah Dasar (SD) di Nagari Gurun, hebatnya, dari 18 kali menerima rapor, 15 kali juara satu dan tiga kali juara dua. Setelah itu ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Harau dan SMAN 1 Harau, pada tahun 2005 lalu ia kemudian dinobatkan sebagai salah satu mahasiswa di Universitas Andalas.

Di kampus, RKN aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, terutama dalam diskusi pemikiran tingkat fakultas dan universitas. Terbukti pada 2007 silam ia terpilih sebagai Gubernur Mahasiwa Fakultas Sastra, sekaligus dinobatkan sebagai gubernur termuda yang memotong dua generasi diatasnya. Karir organisasi beliau terus meroket, beliau terpilih juga sebagai Wakil Sekjend termuda Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra Se-Indonesia dalam suatu kongres di Surabaya.

Setelah itu, terpilih sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Andalas pada tahun 2009. Kemudian ia terpilih lagi sebagai Koordinator BEM Seluruh Indonesia wilayah Sumbagut, dan juga Koordinator Nasional mahagana BEM Seluruh Indonesia. Di tahun 2011 menikah dengan Lira Retno Sari Za, teman satu kelompok KKN kelahiran 22 Juni 1987 di Solok. Dari pernikahannya ia diamanahkan tiga orang anak, satu putri dan dua orang putra. Annisa Zahira Khalila Rizki, Muhammad Rasyid Rizki dan Muhammad Rais Rizki.

Setelah selesai kuliah, RKN aktif sebagai Sekretaris Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) Kabupaten Limapuluh Kota. Ketua Bidang Organisasi Wilayah PERSIS Sumbar, dan Ketua DPD PERSIS Kabupaten Limapuluh Kota. Ia juga diamanahkan sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi organisasi alumni Menwa Sumatera Barat. Dalam kegiatan sosial, beliau adalah pendiri sekaligus pembina Yayasan AET Peduli Negeri yang merupakan tempat menyalurkan dana CSR dari perusahaan yang didirikannya.

RKN mengatakan, semoga Tuhan YME menetapkan takdir terbaik mengenai pilihan yang di ambil saat ini, jika menjadi bupati merupakan jalan yang baik untuk dirinya dan umat, maka akan dimudahkan jalannya. Namun jika itu suatu kebutukan, maka Tuhan akan menutup peluang dan kemungkinan itu akan lebih cepat.

"Itu doa yang selalu dimohonkan ayah saya ketika kami masih selalu salat berjamaah, doa itu selalu dipanjatkan kepada kami anak-anaknya," kata RKN dikutip dari website resminya.

Garis keturunan RKN mengalir darah salah seorang ulama besar Minangkabau, beliau merupakan cicit dari Syekh Abdul Manan, yang lama belajar di Makkah dan mendirikan perguruan di Tanjung Alam, salah satu perguruan Islam terbesar pada masanya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]