Pertemuan dengan Walikota Padang Panjang, Perguruan Thawalib Sampaikan Kesiapan Masuk Sekolah


Jumat, 26 Juni 2020 - 14:03:39 WIB
Pertemuan dengan Walikota Padang Panjang, Perguruan Thawalib Sampaikan Kesiapan Masuk Sekolah Pertemuan Walikota Padang Panjang dengan Pimpinan Pesantren se Padang Panjang Jumat (26/6/2020).

HARIANHALUAN.COM - Yayasan Thawalib Padang Panjang  menghadiri pertemuan dengan Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran di ruangan VVIP Balaikota Padang Panjang, Jumat pagi (26/6/2020) untuk membahas kesiapan pondok pesantren menjelang tahun  ajaran baru 2020/2021.

Pertemuan yang diikuti oleh para pimpinan pondok pesantren se Padang Panjang  tersebut, serta dari Kementerian Agama Padang Panjang, sebagai  bentuk respon dari Walikota Fadly Amran  dalam membahas sejauhmana kesiapan pondok pesantren menjelang  tahun ajaran baru.

Ketua Yayasan Thawalib Padang Panjang H. Ali Usman Syuib, SE yang mewakili Perguruan Thawalib dalam pertemuan khusus tersebut mengatakan, pertemuan  yang merupakan  atas prakarsa dari Walikota patut diapresiasi. “Kami dari Yayasan Thawalib menyambut baik langkah dari Pak Walikota yang mengundang pimpinan pondok pesantren untuk membahas kesiapan menjelang tahun ajaran baru 2020/2021. Ini langkah tepat dari seorang kepala daerah dalam merespon perkembangan pendidikan, khususnya pesantren di kota Padang Panjang,” ujarnya.

Menurut Ali Usman Syuib, dengan diundangnya para pimpinan pesantren se Padang Panjang oleh Walikota, sekaligus sebagai ajang silaturrahmi dan komunikasi para pimpinan pesantren dengan orang pertama di kota Serambi Mekah tersebut,  dalam membahas dan menyampaikan berbagai hal yang dilakukan pengelola pesantren saat ini di tengah situasi pandemic Covid 19.

“Pertemuan yang digagas oleh Pak Walikota betul betul bermanfaat karena berbagai hal terkait kesiapan pesantren serta bagaimana langkah pemda  dalam menyikapi tahun ajaran baru menjadi lebih jelas. Kami sangat bersyukur dengan adanya pertemuan tersebut,” kata Ali Usman yang juga pengusaha  toko besi dan bangunan Hidayah.

Kesiapan Perguruan Thawalib

Dalam pertemuan tersebut, selaku Ketua Yayasan Thawalib Ali Usman Syuib menyampaikan langkah langkah persiapan yang sudah dan terus dilakukan Perguruan Thawalib menjelang tahun ajaran baru 2020/2021 yang jatuh pada bulan Juli mendatang.

Terkait dengan protokol kesehatan yang harus dijalankan lembaga pesantren pada saat Covid 19, telah disiapkan berbagai hal seperti sarana yang diatur dalam protokol kesehatan. Misalnya saja sudah disiapkan masker yang nantinya dipergunakan oleh seluruh santri selama proses belajar mengajar dan tinggal di asrama.

Kemudian, juga telah disiapkan tempat mencuci tangan bagi para santri, guru dan karyawan. Tempat cuci tangan selain di lingkungan sekolah juga disiapkan di lingkungan asrama. Selanjutnya juga disediakan alat pengukur suhu badan untuk pemeriksaan setiap hari para santri, guru dan karyawan.

Kata Ali Usman Syuib, langkah lain yakni telah membentuk tim Gugus Tugas di masing masing unit sekolah Perguruan Thawalib. “Perguruan Thawalib memiliki enam unit pendidikan mulai dari RAA, MIUT, Tsanawiyah Putra dan Putri serta Kuliyatul Ulum El-islamiyah (KUI) Putra dan Putri. Masing masing kepala sekolah adalah sebagai penanggungjawab Gugus Tugas,” jelasnya.

Kemudian, untuk di lingkungan asrama, penanggungjawab Gugus Tugas adalah guru asrama dengan aturan ketat bagi santri selama tinggal di asrama sesuai dengan protokol kesehatan. “Selama di asrama para santri harus mengikuti aturan yang sudah dibuat yakni tidak boleh  keluarga asrama, menjaga kebersihan serta selalu mencuci tangan, memakai masker dan sebagainya. Kemudian berbagai fasilitas seperti katering, laundry dan lainnya telah disiapkan,” ujar Ali Usman Syuib yang juga pemilik hotel Hidayah Padang Panjang.

Langkah Pemda

Hal lain untuk persiapan masuk sekolah, Perguruan Thawalib akan memberlakukan sistim gelombang bagi santri yang masuk asrama. Artinya, kedatangan santri ke asrama baik asrama Thawalib Putra maupun Thawalib Putri akan diatur secara bergiliran, tidak datang sekaligus. Sehingga dengan sistim tersebut, para santri sebelum masuk asrama harus menyerahkan surat keterangan kesehatan.

Katav Ali Usman Syuib, setelah mendengarkan penjelasan dari pesantren termasuk dari Perguruan Thawalib, Walikota Fadly  Amran menyampaikan bahwa terkait dengan kepastian bagaimana masuk sekolah bagi pesantren akan segera dikoordinasikan dengan Gubernur. “Tadi Pak Walikota menyampaikan, soal masuk sekolah bagi pesantren, beliau akan berkoordinasi dengan Pak Gubernur,” ujarnya.

Kemudian, Walikota Amran,  sebagaimana dikutip Ali Usman Syuib, juga akan menyiapkan tenaga kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan bagi para santri. “Dalam pertemuan, kami sampaikan bahwa Perguruan Thawalib akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait kedatangan santri masuk asrama. Alhamdulillah Pak Wali merespon hal tersebut,” ujarnya.

Hal lain yang direspin oleh Walikota Fadly Amran yakni koordinasi dalam penangganan santri jika nantinya ada indikasi kurang sehat, sehingga perlu penangganan oleh pemerintah daerah.

Perguruan Thawalib Padang Panjang terus melakukan persiapan menjelang tahun ajaran baru, termasuk penerimaan santri baru dilakukan secara online melalui website : www.thawalibpadangpanjang.sch.id atau  dengan android melalui playstore dengan install : Thawalib Padang panjang.

Penerimaan santri baru untuk jenjang pendidikan Tsnawiyah Putra dan KUI Putra lokasi kampusnya di Jalan Abd Hamid Hakim No 12 Padang Panjang, sedangkan untuk santri Tsanawiyah Putrid an KUI Putri lokasi kampus di Jalan H. Agus Salim Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang.

Para samtri Perguruan Thawalib dengan sistim boarding school, belajar dari pagi sampai malam hari kitab kitab Thawalib, pelajaran madrasah dan pengetahuan umum. Kemudian, juga belajar tahfizh Quran, latihan pidato, kegiatan ekstrakurikuler dan sebagainya. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]