Trianda Farhan, Kader PKS Bakal Calon Bupati Agam di Pilkada 2020


Jumat, 26 Juni 2020 - 16:44:25 WIB
Trianda Farhan, Kader PKS Bakal Calon Bupati Agam di Pilkada 2020 Trianda Farhan

HARIANHALUAN.COM - Trinda Farhan Satria memastikan akan maju pada Pilkada 2020 sebagai bakal calon bupati atas rekomendasi dari Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatra Barat.

Trinda merupakan Wakil Bupati Kabupaten Agam periode 2016 hingga 2021. Mengingat Indra Catri sang bupati akan habis masa jabatan serta pencalonan dirinya bakal calon Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Nasrul Abit, maka PKS mengusung Trianda yang digadang-gadang akan menggantikan posisinya sebagai orang nomor satu di Agam itu.

Dilihat riwayat perjalanannya, Trianda Farhan Satria memiliki gelar Datuk Tumangguang Putiah yang lahir di Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam pada 28 September 1969, sekitar 50 tahun silam. Ia merupakan politisi dari Partai Keadilan Sejahtera dan mubalig.

Trianda dilantik menjadi wakil bupati mendampingi Indra Catri periode 2016-2021 pada 17 Februari 2016 lalu. Sebelum menjadi wabup ia duduk di kursi Wakil Ketua DPRD Sumbar periode 2009-2014. Sempat mengundurkan diri dari keanggotaan partai. 

Keluarnya Trianda dari PKS setelah keluarnya Undang-undang yang menyatakan bahwa PNS dilarang mengikutsertakan diri dalam politik praktis. Meski tidak aktif di partai, ia sering mengisi berbagai pelatihan kader PKS sebagai instruktur, termasuk saat pencalonan anggota legislatif. Ia kembali bergabung dengan PKS setelah melepaskan status PNS dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Laboratorium Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri Unand, resmi bergabung dengan PKS pada tahun 2005. 

Dikutip dari Wikipedia, Trianda kemudian diamanahi sebagai Ketua DPW PKS Sumbar periode 2005 hingga 2010 menggantikan Mahyeldi Ansharullah, dan kembali terpilih untuk masa jabatan periode 2010 hingga 2015.

Dalam struktur partai, Trianda menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS Sumatra Barat dua periode sampai tahun 2015. Trianda memiliki seorang istri dan tujuh orang anak. Istrinya bernama Candra Gumilarti sementara anaknya bernama, Abdurrahman Khalish, Muhammad Azzam, Muhyiddin, Muhammad Ihsan, Mubarak, Umar Lathif Al-Faruqi dan Ahmad Taqiuddin.

Trianda merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung. Semasa kuliah, ia banyak berkutat di lingkungan kampus, kemudian tahun 1996 ia diangkat menjadi dosen di teknik industri Universitas Andalas serta dosen tamu di Universitas Bung Hatta, Universitas Ekasakti dan STTIND Padang. Di samping karirnya sebagai dosen, ia juga pernah menjadi Ketua Program Studi Teknik Industri Unand dan meraih predikat Dosen Teladan Fakultas Teknik Unand. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]