Pemberkasan Perkara Tak Kunjung Usai, Korban Penipuan Melapor ke Kejati Sumbar


Jumat, 26 Juni 2020 - 18:40:05 WIB
Pemberkasan Perkara Tak Kunjung Usai, Korban Penipuan Melapor ke Kejati Sumbar Penasehat Hukum dari korban penipuan datangi Kejati Sumbar untuk memberikan laporan.

HARIANHALUAN.COM - Korban penipuan melapor ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat terkait berkas perkara kasus penipuan yang dilakukan oleh Rezka Oktoberia tak kunjung usai. Diketahui, berkas perkara tersebut sudah tiga kali bolak balik dari tangan penyidik Polres Limapuluh Kota dan Kejaksaan Negeri Payakumbuh Cabang Suliki. 

Merasa muak, korban atas nama Zamhar Pasma Budhi didampingi Penasehat Hukum (PH) Jhonny Lumbantoruan akhirnya melayangkan surat laporan ke Kejati Sumbar, Kamis (25/6/2020). "Surat laporan ini adalah sikap protes dan kronologis berkas perkara yang sudah tiga kali bolak balik antara penyidik kejaksaan dan Polres Kejari Payakumbuh Cabang Suliki," ujar Jhonny Lumbantoruan, Jumat (26/6/2020).

Setiap pengembalian berkas, kata dia, pihak penyidik menganggap selalu ada yang kurang dalam berkas perkara tersebut. Terlihat ada upaya mengulur-ulur waktu untuk berkas sampai ke pembuktian di Pengadilan. Pada pengembalian yang ketiga kalinya, pihak penyidik meminta untuk menambah keterangan ahli. 

"Padahal keterangan saksi ahli yang dianggap kurang atau lemah, bisa dikuatkan nanti di pengadilan. Termasuk, membantah keterangan saksi ahli atau bukti-bukti," tegas dia.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Limapuluh Kota, AKP Zul Andri mengaku telah mengembalikan berkas perkara tersebut seminggu yang lalu ke Kejari Payakumbuh Cabang Suliki, setelah diminta untuk melengkapinya karena ada yang kurang. "Berkas sudah ada ditangan penyidik Kejari seminggu yang lalu, karena diminta untuk melengkapi berkas yang kurang," tukasnya.

Terpisah, Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sumbar, Yunelda membenarkan terkait laporan tersebut. Namun, belum bisa memberikan keterangan banyak karena tengah mempelajari. "Kami masih mempelajari berkas dan belum bisa saya beri keterangan banyak. Yang jelas, kami akan memproses laporan dan pengaduan dari penasehat hukum Zamhar," singkat Yunelda. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]