Raih Opini WTP Ketujuh, Pemkab Padang Pariaman Dapat Dana Insentif dari Pusat


Jumat, 26 Juni 2020 - 21:25:35 WIB
Raih Opini WTP Ketujuh, Pemkab Padang Pariaman Dapat Dana Insentif dari Pusat Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni (tengah) dengan Opini WTP yang diraih.

HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Padang Pariaman memperoleh opini WTP untuk ke-7 kalinya dan akan menindaklanjuti saran yang disampaikan BPK Sumbar. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan kabupaten tersebut disampaikan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusnadewi saat Vidcon penyampaian LHP atas Laporan Keuangan bersama tiga Kabupaten dan Kota di Sumbar, Jumat (26/6/2020).

Bupati menyebutkan bahwa setelah 6 kali berturut-turut memperoleh WTP, satu kali sempat lost pada LHP 2018. Keberhasilan yang dicapai tentu tak terlepas atas pembinaan rekan-rekan BPK serta seluruh perangkat daerah yang sudah bekerjasama mendapatkan kembali WTP ini. Seperti juga diucapkan Arwinsyah, Ketua DPRD Padang Pariaman yang  mengikuti Vidcon di ruang Command Centre Bupati di Parit Malintang.

Dia menyebut, DPRD sebagai partner Bupati dalam pelaksanaan pemerintahan tentu ingin yang terbaik bagi Padang Pariaman di segala bidang pembangunan, termasuk di bidang pengelolaan keuangan. "Predikat seperti ini teruslah berlanjut ke depan," katanya.
   
Sementara, Inspektorat Hendra Aswara akan menindaklanjuti catatan laporan pemeriksaan Tim BPK RI. Catatan itu seperti pada Sistem Pengendalian Internal (SPI) terhadap Pengelolaan Dana BOS dan penatausahaan aset. Disebutkannya pula, dengan adanya opini WTP ini, maka Padang Pariaman akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah pusat.

"Mudah-mudahan tahun depan DID untuk program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat itu diterima," katanya.

Selain Padang Pariaman, Vidcon juga diikuti Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Solok. Pada acara itu juga dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan dokumen secara online bersama para kepala daerah dan dilanjutkan dengan aksi rekomendasi dari hasil laporan pada waktu yang telah disepakati bersama di dalam action plan. (*)

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 11:39:20 WIB

    Solok Selatan Raih WTP Keempat dari BPK RI Perwakilan Sumbar

    Solok Selatan Raih WTP Keempat dari BPK RI Perwakilan Sumbar HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Solok Selatan mampu mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) keempat kalinya atas laporan keuangan 2019. .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 14:07:58 WIB

    Kabupaten Agam Raih Prediket WTP 6 Kali Berturut-turut

    Kabupaten Agam Raih Prediket WTP 6 Kali Berturut-turut HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. Sebelumnya predikat ini pertama kali diterima Agam pada .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 12:38:22 WIB

    Dharmasraya Raih Opini WTP untuk Kelima Kalinya

    Dharmasraya Raih Opini WTP untuk Kelima Kalinya HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mencatatkan raihan prestasi untuk kelima kalinya dalam penilaian Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 dengan opini Wajar Tanpa Pengec.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 16:28:38 WIB

    LKPD Pessel Diserahkan ke BPK RI Sumbar, Hendrajoni Optimis Raih WTP

    LKPD Pessel Diserahkan ke BPK RI Sumbar, Hendrajoni Optimis Raih WTP PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019 kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Sumatera Barat, Jumat (13/3/2020)..
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 18:37:32 WIB

    Pesisir Selatan Raih Nilai SAKIP 'B' Tiga Kali Berturut Turut

    Pesisir Selatan Raih Nilai SAKIP 'B' Tiga Kali Berturut Turut PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kabupaten Pesisir Selatan kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 dengan predikat nilai B dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]