Mantap, Pemilihan Bamus Nagari di Pasbar Ini Pakai Pola Pemilu


Jumat, 26 Juni 2020 - 22:54:08 WIB
Mantap, Pemilihan Bamus Nagari di Pasbar Ini Pakai Pola Pemilu Pemilihan anggota Bamus Nagari di Pasaman Barat.

HARIANHALUAN.COM - Pemilihan anggota Badan Musyawarah Nagari (Bamus) perwakilan wilayah Kejorongan Ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Persiapan Ophir secara langsung, transparan dan terbuka berjalan lancar serta sukses, Jumat (26/6/2020).

Pemilihan Bamus tersebut, diikuti oleh empat peserta yang akan mengisi posisi untuk seorang perwakilan Bamus Nagari Koto Baru periode jabatan 6 tahun ke depan. Adapun Empat calon tersebut yakni, Darwin Lubis, David Hendra, Nasir Chan dan Joko Wiyono. Wali Nagari Koto Baru, Zulpiyan mengatakan, anggota Bamus yang terpilih, nantinya akan melaksanakan tugas untuk merancang Peraturan Nagari, pengawas kinerja Pemerintah Nagari serta untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

"Pemilihan Bamus ini dilaksanakan secara demokrasi tanpa ada intervensi dari pihak pemerintah nagari. Bagi yang terpilih, nantinya akan bertugas untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat,"Ujarnya.

Dijelaskannya, pemilihan tersebut dilaksanakan dengan cara dipilih oleh utusan atau perwakilan masyarakat yang dilaksanakan secara langsung dan dilaksanakan melalui Panitia Seleksi (Pansel). "Pemilihan ini diselenggarakan oleh Pansel dan dilaksanakan terbuka dengan jumlah pemilih sebanyak 60 orang perwakilan masyarakat," jelasnya.

Zulpian berharap kepada semua anggota Bamus Nagari Koto Baru yang terpilih agar nantinya dapat bekerja sama dengan pemerintah Nagari untuk memajukan Nagari Koto baru di segala bidang. "Diharapkan yang terpilih ini dapat menjemput dan menyalurkan aspirasi masyarakat demi terciptanya pemerataan pembangunan sebagaimana yang diharapkan," tutur Zulpian.

Sementara itu, Panitia Seleksi Pemilihan Bamus Nagari Koto Baru wilayah pemilihan Kejorongan Ophir, Wisnu Adrianta mengatakan, pemilihan Bamus Nagari tersebut dilakukan dengan cara pemilihan langsung menggunakan kertas dan bilik suara. Pemilihan ini dilaksanakan dengan secara demokrasi, adil dan terbuka. 

"Seperti layaknya Pemilu, pemilih menggunakan hak pilihnya menggunakan kertas suara dan dilaksanakan didalam bilik suara yang telah kita sediakan," ungkap Wisnu.

Dijelaskannya, dari empat calon yang mengikuti pemilihan Bamus Nagari Koto Baru perwakilan Kejorongan Ophir tersebut, dimenangkan oleh David Hendra dengan perolehan suara sebanyak 38 suara dari total 56 orang pemilih yang hadir. "Pemilihan ini dimenangkan oleh David Hendra yang nendapatkan 38 hak suara. Sedangkan, Darwin Lubis memperoleh 7 suara, Joko Wiyono 7 suara dan Nasir Chan 4 suara," terang Wisnu.

Ditambahkannya, dia berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kejorongan Ophir yang telah bekerjasama dan berkontribusi sehingga acara tersebut dapat berjalan  dengan baik, aman dan lancar. "Terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat atas dukungan dan kerja samanya, sehingga acara ini telah selesai dengan baik dan dengan rasa kebersamaan," ucapnya.

"Semoga calon terpilih ini nantinya dapat menjalankan amanah dengan baik, serta dapat memperjuangkan keluhan dan kepentingan masyarakat demi kemajuan Jorong Ophir yang kita idamkan," tutup Ketua Karang Taruna itu. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]