Harus Coba, Ini Enam Fitur Aplikasi WhatsApp yang Wajib Diketahui


Jumat, 26 Juni 2020 - 23:18:13 WIB
Harus Coba, Ini Enam Fitur Aplikasi WhatsApp yang Wajib Diketahui ilustrasi WhatsApp

HARIANHALUAN.COM - Meski aplikasi chatting WhatsApp telah banyak digunakan orang, namun tak semua tahu fitur-fiturnya. Padahal fitur aplikasi WhatsApp ini sangat berguna. Seperti diketahui, orang menggunkan aplikasi WhatsApp karena mempermudah komunikasi juga memang karena populer.

Sekarang, tidak hanya saling mengirim teks, gambar, video, gif, bahkan dokumen, sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Ditambah lagi, baru-baru ini, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya yaitu grup video call. Tentu akan semakin banyak pengguna aplikasi pesan instan yang beralih menggunakan WhatsApp.

Mungkin belum banyak yang tahu, berikut deretan fitur aplikasi WhatsApp yang harus kamu kuasai: 
1. Pesan Berbintang
Memiliki cara kerja yang sama seperti Gmail, yaitu kamu bisa membintangi pesan yang masuk untuk bisa kamu baca lagi lain waktu dengan mudah. Cara menandai pesan berbintang ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan lama pesan yang ingin dibintangi, maka opsi berlogo bintang akan muncul pada bagian atas. Setelah kamu pilih, pesan tersebut otomatis menjadi pesan berbintang. Untuk mengakses pesan berbintang tersebut dengan mudah, kamu bisa masuk ke Menu lalu pilih "Starred Messages" untuk melihat daftar pesan berbintang tersebut.

2. Huruf Tebal dan Miring
WhatsApp memungkinkan kamu untuk membuat huruf menjadi tebal atau miring, seandainya ada pesan yang perlu kamu tandai. Cara menggunakannya juga mudah. Kamu hanya perlu menggunakan karakter bintang (*) di bagian depan dan akhir kata atau kalimat, seperti *test*. Untuk memiringkan huruf, kamu bisa menggunakan karakter garis bawah (_), seperti _test_.

3. Detail Pesan
Cara ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki banyak grup dan sedikit posesif terhadap pacar atau gebetanmu. Mengetahui detail pesan membuatmu mendapat informasi mengenai kapan pesanmu itu terkirim dan dibaca. Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menekan pesan secara lama kemudian klik "Info" dan seluruh info dari pesan tersebut akan terlihat.

4. Mute Kontak atau Grup yang Mengganggu
Terkadang kamu suka mendapatkan pesan dari grup atau kontak yang mengganggu. Jika tidak ingin mematikan nada notifikasi di smartphone, kamu bisa menggunakan fitur Mute. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke laman kontak chat lalu pilih simbol untuk mematikan speaker yang ada di bagian atas. Atau, kamu bisa menggunakan pilihan Menu, lalu pilih "Mute Notifications".

5. Sembunyikan Waktu Terakhir Online
Makin misterius, kamu perlu mencoba fitur satu ini deh. Yaitu mematikan informasi "Last Seen". Caranya, pergi ke menu "Settings" buka "Account" dan pilih "Privacy". Kamu lalu akan menemukan tiga pilihan untuk menunjukan informasi waktu terakhir online tersebut. Apakah hanya untuk daftar kontak, semua orang atau tidak sama sekali. Sesuai pilihan ya.

6. Mematikan Tanda Sudah Membaca Pesan
Semakin misterius, kamu wajib mencoba fitur ini. Biasanya, tanda pesan sudah dibaca adalah akan ada centang yang berubah warna menjadi biru. Namun, kamu ternyata bisa menghilangkan fitur WhatsApp yang ini lho. Caranya, masuk ke "Settings" lalu "Account" dan "Privacy". Di bagian bawah, kamu akan menemukan "Read Receipts". Lalu hilangkan tanda centang tersebut. Orang lain tidak akan bisa mengetahui apa pesannya sudah dibaca atau belum. Selain itu, dengan mematikan fitur ini maka kamu juga tidak bisa melihat jika lawan bicaramu sudah membaca pesanmu atau belum.

Itulah enam fitur aplikasi WhatsApp yang harus kamu ketahui, karena memang berguna. Selamat mencoba ya! (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 10:21:55 WIB

    Cara Aktivasi EFIN Tanpa Harus ke Kantor Pajak

    Cara Aktivasi EFIN Tanpa Harus ke Kantor Pajak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menutup sementara kantor pelayanan pajak (KPP) di seluruh Indonesia mulai 16 Maret-5 April 2020. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam.
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 21:59:35 WIB

    Beli HP Di Luar Negeri, Ini Ketentuan yang Harus Dipatuhi

    Beli HP Di Luar Negeri, Ini Ketentuan yang Harus Dipatuhi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Kendati pemerintah memberlakukan pemblokiran ponsel ilegal di dalam negeri melalui pendataan IMEI, masyarakat tetap dapat membeli ponsel dari luar negeri..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 08:42:12 WIB

    Imbas Konflik Natuna, RI Harus Siap Serangan Siber China

    Imbas Konflik Natuna, RI Harus Siap Serangan Siber China JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Eskalasi konflik Amerika Serikat (AS) dan Iran serta konflik Natuna antara Indonesia dan China dikhawatirkan merambah ke peperangan siber hingga berdampak ke Indonesia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]