Rusia Dukung Iran Lawan Sanksi dan Embargo Amerika


Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:34:46 WIB
Rusia Dukung Iran Lawan Sanksi dan Embargo Amerika Proyek reaktor nuklir Arak di Iran.

MOSKOW, HARIANHALUAN.COM - Duta Besar Iran di Moskow Kazem Jalali dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov berbicara dalam percakapan lewat telepon, Jumat (26 Juni). 

Keduanya membahas langkah-langkah menghadapi tindakan dan ancaman terbaru Amerika Serikat (AS) dan sekutu terhadap Iran.

Rusia kembali menegaskan sikap mereka mendukung Iran dalam kesepakatan nuklir yang ditentang AS dan sejumlah negara Eropa. 

Rusia juga menyesalkan sikap AS yang keluar dari Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) program nukli Iran dan malah mengancam memperpanjang sanksi senjata untuk Iran.

"Rusia selalu menyatakan bahwa Iran siap menerima tim dari Badan Energi dan Atom Internasional (IAEA)," kata diplomat Iran.

Sesuai dengan JCPOA, embargo senjata terhadap Iran seharusnya selesai pada Oktober 2020 ini. Namun, AS dan sekutunya keluar dari perjanjian dan ingin memberikan sanksi baru, memperpanjang embargo senjata.

Rusia dan Iran tidak bisa menerima ancaman perpanjangan embargo senjata dan sanksi ekonomi. Hal ini hanya semakin mempersulit kehidupan rakyat Iran.

Jalali juga melakukan percakapan telepon dengan Sergei Vershinin, wakil menteri luar negeri Rusia lainnya, tentang Suriah dan bantuan kemanusiaan ke negara yang dilanda perang.

Kedua diplomat fokus pada penyelesaian masalah Suriah berdasarkan Resolusi 2254 DK PBB.

Iran, Rusia dan Turki memiliki hubungan dekat satu sama lain dalam Astana Talks yang mencoba menyelesaikan Krisis Suriah.

Dalam konflik Suriah, Iran menyatakan sejauh ini ketiga negara pendukung Suriah telah mengakibatkan kekalahan kelompok penentang pemerintah Bashar Assad yang didukung Barat dan beberapa negara Arab.

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]