Benarkah PLN Terancam Bangkrut? Ini Faktanya..


Sabtu, 27 Juni 2020 - 07:52:54 WIB
Benarkah PLN Terancam Bangkrut? Ini Faktanya.. Ilustrasi PLN

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menunggu janji pemerintah yang akan membayar utangnya kepada perseroan sebesar Rp48 triliun. Pembayaran tersebut sangat ditunggu karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat kerugian pada kuartal I-2020 sebesar Rp38,8 triliun.

Pembayaran utang pemerintah ini pun dibahas Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat. Di mana dalam rapat, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini memastikan perseroan tidak akan bangkrut.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait soal utang PLN dan nasib perseroan ke depan, Sabtu (27/6/2020):

1. Utang tersebut Merupakan Kompensasi Subsidi Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) masih menunggu pencairan dana kompensasi dari pemerintah. Sebab, hingga saat ini kompensasi subsidi listrik di tahun 2018 dan 2019 masih belum masuk ke kas PLN.

Piutang ini ditagih karena banyak bisnis BUMN termasuk PLN yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Sebagai gambaran, pada kuartal I-2020, PLN mengalami kerugian sebesar Rp38,88 triliun. Kinerja keuangan PLN mengalami penurunan dibanding realisasi kuartal I-2019 yang berhasil meraup laba bersih Rp 4,157 triliun.

2. PLN Tunggu Bayaran Rp45 triliun

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, pemerintah menjanjikan dana kompensasi akan dibayarkan pada tahun ini. Adapun total kompensasinya mencapai Rp45 triliun.

"Tapi itu kata-katanya adalah akan dibayar tahun ini. Jadi sampai saat ini kami menunggu pembayaran pemerintah terkait dana kompensasi tersebut," ujarnya.

3. DPR Panggil PLN

Komisi VI DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. Rapat ini untuk menjelaskan, soal pemerintah memiliki utang kepada BUMN sebesar Rp108,48 triliun.

"Dari angka itu sebanyak Rp48,46 triliun merupakan utang pemerintah ke PLN," ungkap Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima.

4. PLN Takan Bangkrut

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini optimis operasional PLN bisa bertahan hingga akhir tahun meski kondisi keuangan pada kuartal pertama mencatat kerugian. Meski rugi Rp38,88 triliun di kuartal I-2020, operasional PLN bisa tetap berjalan bila pemerintah membayarkan kompensasi utang sebesar Rp45,42 triliun.

Kemudian, lanjut dia, di samping pembayaran kompensasi utang dari pemerintah, Perseroan juga akan mengoptimalkan penjualan listrik dari pelanggan.

5. Utang PLN Dibayar Bulan Depan

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah dijanjikan oleh pemerintah untuk pembayaran kompensasi utang sebesar Rp45,42 triliun. Di mana, pembayaran tersebut akan dilakukan pada Juli 2020.

Menurut Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini, saat ini sedang dalam tahap penyempurnaan Peraturan Pemerintah (PP). Hal itu dia sampaikan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama Komisi XI DPR RI.

"Jadi untuk kompensasi 2018 dan 2019 komitmen pemeritah sudah ada. Di mana sampai saat ini sedang proses PP DIPA. Informasi dari kami, akan dibayar bulan Juli 2020," ujar dia. (*)
 

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juni 2020 - 22:48:38 WIB

    Kerusuhan di AS Tak Kunjung Usai, Benarkah Berdampak ke Pasar Saham?

    Kerusuhan di AS Tak Kunjung Usai, Benarkah Berdampak ke Pasar Saham? HARIANHALUAN.COM - Protes yang berujung kerusuhan terjadi di Amerika Serikat (AS). Kondisi ini diharapkan tidak terjadi dalam waktu yang lama pasalnya dikhawatirkan dapat mengganggu perekonomian AS..
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 16:54:20 WIB

    Terapkan New Normal, Benarkah Sri Mulyani Pilih Ekonomi?

    Terapkan New Normal, Benarkah Sri Mulyani Pilih Ekonomi? HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara mengenai skenario new normal. Hal itu diungkapkan Sri Mulyani saat menjawab pertanyaan mana yang lebih didahulukan antara kesehatan dan ekonomi..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 21:40:15 WIB

    Benarkah Ada Alat Penghemat Listrik? Begini Penjelasan PLN

    Benarkah Ada Alat Penghemat Listrik? Begini Penjelasan PLN PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PLN mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya promosi alat yang dapat menghemat tagihan rekening listrik..
  • Senin, 16 Maret 2020 - 20:58:17 WIB

    Harga BBM Bakal Turun Lagi, Benarkah?

    Harga BBM Bakal Turun Lagi, Benarkah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal situasi terkini harga minyak dunia. Ia mengaku, harga minyak dunia memang anjlok ke lebel US$ 30 per bar.
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 00:38:20 WIB

    Resesi Dunia Diramal Datang 6 Bulan Lagi, Benarkah?

    Resesi Dunia Diramal Datang 6 Bulan Lagi, Benarkah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Resesi ekonomi sedang membayangi sejumlah negara pada pertengahan tahun 2020. Sentimen ini kembali mencuat setelah Hong Kong merilis data pertumbuhan ekonomi sepanjang triwulan keempat 2019, pereko.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]