Bolehkah Olahraga saat Haid?


Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:36:44 WIB
Bolehkah Olahraga saat Haid? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Beberapa wanita yang sedang menstruasi kerap merasa tak nyaman karena nyeri haid, perut kembung, sampai sakit kepala. Kondisi tersebut jamak membuat aktivitas saat haid jadi terganggu. 

Beberapa wanita pun ada yang mempertanyakan, bolehkah olahraga saat haid? Baca juga: Ciri-ciri Nyeri Haid yang Normal dan Tidak Normal 
Apakah boleh berolahraga saat haid? Secara garis besar, sebenarnya sah-sah saja apabila wanita ingin olahraga saat haid. 

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi wanita yang sedang datang bulan. Melansir Medical News Today, manfaat olahraga saat haid di antaranya: 

Memperbaiki suasana hati yang biasanya muram, sedih, atau gampang marah saat haid Aktifitas fisik dapat meningkatkan energi dan mencegah kelelahan karena perubahan hormon saat haid Menurut studi di Journal of Education and Health Promotion, olahraga selama dan sebelum periode menstruasi terbukti bisa mengurangi nyeri haid. 

Banyak wanita merasakan ketidaknyamanan pada hari-hari pertama siklus haid, terutama bagi wanita yang volume darahnya cukup banyak. Untuk itu, memilih olahraga saat haid butuh sedikit kejelian. Melansir Healthline, sebenarnya tidak ada patokan baku memilih olahraga terbaik saat haid. Jenis olahraga adalah yang paling nyaman dan paling disukai. Namun perlu diingat, sesuaikan intensitasnya dengan kondisi tubuh masing-masing. 

Bagi wanita yang terbiasa melakukan olahraga jenis kardio atau aerobik, Anda tetap diperkenankan menjalankannya, tapi kurangi sedikit porsinya. Misalkan dengan melakukan jalan kaki atau kardio ringan.

Bagi penggemar yoga dan pilates, olahraga ini paling pas dilakukan dua hingga tiga hari menjelang haid. Olahraga ini dapat mengurangi nyeri haid dan ketidaknyamanan selama menstruasi. 

Wanita tetap boleh beryoga atau pilates saat haid. Namun, Anda perlu menakar kondisi tubuh. Kurangi intensitasnya atau istirahat bila tak nyaman. Seperti olahraga biasanya, para ahli juga menyarankan agar wanita yang sedang haid tidak memaksakan olahraga secara berlebihan. 
Jika olahraga saat haid menimbulkan rasa lelah luar biasa, coba istirahat atau ganti dengan yang lebih ringan. 

Tips olahraga saat haid 

Tips olahraga saat haid kurang lebih sama dengan olahraga biasa. Wanita yang berolahraga saat haid disarankan untuk minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi. 

Selain itu, jangan lewatkan pemanasan. Pemanasan yang cukup dapat mencegah cedera. Hal tak kalah penting, gunakan pembalut, tampon, atau menstrual pad yang tepat saat haid. Wanita pasti tak ingin sesi olahraga saat haid terganggu karena darah haid tembus. (*)

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]