Bisa Bikin Manusia Meninggal, Jamur Enoki Asal Korea Ditarik dari Peredaran


Sabtu, 27 Juni 2020 - 09:39:12 WIB
Bisa Bikin Manusia Meninggal, Jamur Enoki Asal Korea Ditarik dari Peredaran Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memerintahkan importir untuk menarik dan memusnahkan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan. Apa alasannya?

1. Diduga Terkontaminasi Bakteri Listeria Monocytogenes

Jamur yang diimpor dari Green Co Ltd. Korea Selatan (Korsel) tersebut ditemukan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes dan dapat menyebabkan penyakit listeriosis.

2. Bakterinya Bisa Bikin Manusia Meninggal

Bakteri Listeria monocytogenes menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil dan manula.

3. Ada Kejadian Luar Biasa di Amerika Serikat (AS) hingga Australia

Sudah ada Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Bulan Maret-April 2020 di AS, Kanada, dan Australia akibat konsumsi jamur enoki dari Korsel tersebut.

4. Jamur Enoki Merek Lain Masih Beredar di Pasaran

Dari pantauan detikcom, Jumat (26/6/2029) di sebuah pasar swalayan di bilangan Jakarta Pusat, jamur enokimasih dijajakan di rak-rak toko.

Ada 3 merek yang dijajakan, 2 dari China dan 1 dari Korea. Namun, tak ada satu pun yang diimpor dari Green Co Ltd Korsel.

Ketiga merek tersebut yakni, Maoxiong yang diimpor dari Maoxiong Co. Ltd, Shenzen; merek Yong Jia yang diimpor dari Fu Jian Ning De Yong Jia Trade Co Ltd, China; dan merek FreshCO dari Korea yang diimpor oleh PT Indofresh.

Lalu, di sebuah wholesaler di bilangan Jakarta Barat, produk jamur enoki juga masih tersedia di rak-rak toko. Ada 3 merek yang dijajakan antara lain Jamur Enokitake yang diimpor dari Shanghai Xuerong Biotechnology Co. Ltd, China oleh PT Delta Adib Distribusi; merek Yong Jia yang diimpor dari Fu Jian Ning De Yong Jia Trade Co Ltd, China oleh PT Delta Adib Distribusi; dan merek Yong Jia yang diimpor dari Shenzen YongJia Fresh Product Co Ltd, China oleh PT Delta Adib Distribusi.


5. Kementan Pastikan Jamur Enoki yang Masih Beredar Aman Dikonsumsi

Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, BKP Kementan Yasid Taufik menegaskan, selain jamur enoki yang diimpor dari Green Co. Ltd, Korea Selatan (Korsel) itu aman untuk dikonsumsi dan masih diizinkan untuk beredar.

"Iya tentunya aman," tegas Yasid ketika dihubungi detikcom, Jumat (26/6/2029).

Yasid mengatakan, jamur enoki yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes dan dapat menyebabkan penyakit listeriosis hanya ditemukan pada produk yang diproduksi oleh Green Co. Ltd Korsel.

Selain itu, sebenarnya bakteri listeria monocytogenes bisa mati jika dimasak dengan suhu di atas 75 derajat celcius.

"Iya yang kita periksa itu yang dari Korsel. Dan terindentifikasi dari importir tersebut. Tapi tadi sebetulnya aman kalau dipanaskan dengan suhu itu," jelas Yasid.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 22:48:36 WIB

    Para Suami, Ini Loh Ukuran 'Anu' yang Bisa Bikin Istri Puas

    Para Suami, Ini Loh Ukuran 'Anu' yang Bisa Bikin Istri Puas HARIANHALUAN.COM - Apakah ukuran 'anu' pria yang besar bakal serta-merta membuat wanita terpuaskan ketika berasyik masyuk?..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:02:35 WIB

    Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19

    Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19 HARIANHALUAN.COM – Virus corona atau COVID-19 bermanifestasi berbeda pada berbagai pasien. Beberapa mungkin hanya menderita penyakit ringan. Yang lain lebih buruk, karena mereka berjuang dengan penyakit yang lebih parah..
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 19:28:55 WIB

    Sayur Bayam Bisa Sebabkan Asam Urat, Benarkah?

    Sayur Bayam Bisa Sebabkan Asam Urat, Benarkah? HARIANHALUAN.COM – Sayur bayam termasuk bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Melansir Health Line, sekitar 3,5 ons (100 gram) bayam mentah bisa mengandung 2,7 mg zat besi, yang merupakan 15 persen kebutuhan zat .
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 12:28:33 WIB

    Waspada DBD, IDI: DBD Bisa Perparah Kondisi Pasien COVID-19

    Waspada DBD, IDI: DBD Bisa Perparah Kondisi Pasien COVID-19 HARIANHALUAN.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar mengingatkan penyakit penyerta situasional seperti demam berdarah dengue (DBD) bisa memperparah kondisi pasien positif COVID-19 jika sampai terserang..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 22:16:57 WIB

    Waduh, Obesitas Bisa Memperparah Infeksi COVID-19

    Waduh, Obesitas Bisa Memperparah Infeksi COVID-19 HARIANHALUAN.COM - Kegemukan atau obesitas memiliki dampak pada berbagai masalah kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko gejala dan komplikasi yang lebih parah jika terjangkit COVID-19..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]