Wakil Rektor UIN Jakarta: Pademi Covid-19 Bawa Perubahan Pendidikan


Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:00:05 WIB
Wakil Rektor UIN Jakarta: Pademi Covid-19 Bawa Perubahan Pendidikan Masri Mansoer

HARIANHALUAN.COM - Wakil Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof. Dr. Masri Mansoer, MA mengatakan, pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia serta negara negara lain di dunia ternyata membawa perubahan terhadap pendidikan.

“Paradigma baru pendidikan di level apapun, suka atau tidak suka, pandemi telah menjadi katalisator perubahan bidang pendidikan,” kata Masri Mansoer kepada harianhaluan.com, Sabtu (27/6/2020).

Menurut dia, faktor penyebab perubahan sosial diantaranya adala  penemuan IPTEK, kebudayaan dan kondisi. Dengan faktor tersebut, maka pandemic Covid 19 menjadi faktor yg berasal dari alam. “Dari sudut perubahan sosial, maka dengan pandemic terjadi saat ini adalah penyebab terjadinya perubahan sosial oleh kondisi,” kata guru besar sosiologi ini.

Dalam teori perubahan sosial yang diketahui faktor alam dan peristiwa tertentu akan berakibat kepada perubahan sosial. “Pandemic covid 19  ini meneguhkan proposisi kita bahwa berbagai tatanan kehidupan itu telah dan sedang mengalami perubahan  fundamental dan revolusi kehdupan, seperti sosial, budaya, ekonomi dan politik, tanpa kecuali di bidang pendidikan,” ujar Mansur Mansoer.

Menurut pandangan tokoh pendidik asal Sumatera Barat ini, saat ini  bagi yang mengunakan paradigma dan cara-cara lama akan digilas oleh perubahan itu. Karena itu mari persiapkan mental dan skill untuk berubah teruma menggunakan teknologi digital.

Paradigma Pendidikan

Menurut lelaki kelahiran Paninggahan, Solok ini, bahwa paradigma baru pendidikan di level apapun, suka atau tidak suka, pandemi telah menjadi katalisator perubahan bidang pendidikan dan memang berkelindan dengan arus revolusi digital 4.0.

Karakteristik Pendidikan pada era revolusi 4.0 ditandai dengan memiliki 4 C yakni harus ciritis, harus memiliki jiwa creative/inovatif, harus communicatif dan harus bisa ber colaboratif. “Menurut saya, inilah karakteristik pendidikan yang harus dimiliki saat ini. Jika memiliki, maka akan bisa mengikuti dan menyesuaiakan dengan keadaan yang sudah dalam perubahan,” ujar Masri Mansoer.

Selain itu, pandangan kita tentang pendidikan juga haruslah berubah. Penerapan cara dan sistem pendidikan konvensional sudah harus mulai dikaji ulang, teruma di era pandemic covid 19 ini, dimana kita sudah mulai belajar online yakni  pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis digital.

Dengan apa yang terjadi dan dialami saat ini, terutama sejak pandemic Covid 19, kata dosen UIN Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta ini, maka perbincangan tentang perubahan pendidikan di berbagai level mulai dari Taman Kanak Kanak sampai Perguruan Tinggi ke depan pasca pandemi (New Normal) harus mencakup beberapa hal.

Pertama,  mengharus-utamakan mainstreaming homeschooling/home education. Kedua, pengembangan daring system. Ketiga,  pengembangan dan penguatan SDM (pendidik dan tenaga kependidikan) agar tidak saja bisa menyesuaikan dengan keadaan baru tapi juga mampu secara inovatif dan kreatif mengembangkan program dan manajemen pendidikan berbasis virtual.

Keempat, menempatkan peserta didik (pelajar dan mahasiswa) sebagai subjek pendidikan sehingga mereka memiliki kemampuan  menentukan berbagai cara secara mandiri dan kreatif meningkatkan kualitas diri; dan  kelima mengkrasi konsep sekolah/kampus merdeka atau bebas.

“Hal hal semacam ini harus dimiliki oleh dunia pendidikan saat ini, karena telah terjadinya perubahan dan paradigm baru terhadap pendidikan itu sendiri sejak pandemic Covid 19. Pertanyaannya, sejauhmana lembaga pendidikan pengelola pendidikan, termasuk tenaga pendidik seperti guru, dosen dan lainnya sudah siap dan bisa mengikuti perubahan yang tengah terjadi,” kata Masri Mansoer.(*)

 Sumber : rilis /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]