Anggaran Minim, Bawaslu Pasaman Hanya Lakukan Rapid Test Bagi Pengawas Pemilu


Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:31:37 WIB
Anggaran Minim, Bawaslu Pasaman Hanya Lakukan Rapid Test Bagi Pengawas Pemilu Suasana pelaksanaan kegiatan Rapid Test bagi unsur pengawas pemilu oleh petugas medis dari Puskesmas Lubuksikaping di Aula Sekretariat Bawaslu setempat, Sabtu (27/6).

HARIANHALUAN.COM - Meskipun memiliki tingkat akurasi yang rendah, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, melakukan rapid test bagi 88 orang petugas pengawas mulai dari tingkat Kabupaten hingga Nagari atau desa adat, Sabtu (27/6).

"Ini merupakan langkah awal kegiatan sekaitan tahapan pilkada serentak 2020, dimana sejak 24 Juni 2020 pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan verifikasi faktual terhadap berkas dukungan masyarakat bagi pasangan calon perseorangan," ungkap salah seorang Komisioner Bawaslu setempat, Mesrawati SE, di sela-sela kegiatan tersebut, Sabtu (27/6).

Menurutnya, kegiatan rapid test dilaksanakan sebanyak dua kali selama tahapan berlangsung dengan menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Bawaslu Republik Indonesia.

Diakuinya, untuk wilayah Kabupaten / Kota di Provinsi Sumatera Barat, ada beberapa daerah dibantu pembiayaannya oleh pemerintah setempat untuk melakukan Swab Test yang menurut para ahli memiliki tingkat kepercayaan hingga 80 persen.

Menanggapi akan kemungkinan risiko terpapar virus pandemi Covid-19, ia menegaskan seluruh personel yang bertugas mengawasi pelaksanaan kegiatan itu, akan dibekali dengan alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer dan sarung tangan.

"Seluruh petugas juga diminta selalu menjaga jarak aman serta menerapkan standar protokol lainnya sebagaimana mana diatur dalam Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman (PTNBPA) Covid-19," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu setempat, Rini Juita MA, mengimbau kepada seluruh masyarakat yang terdata dalam lampiran berkas pernyataan dukungan bagi pasangan calon perseorangan agar memberikan keterangan yang sebenarnya demi melancarkan pelaksanaan tahapan tersebut.

"Jika ada petugas verifikasi dari unsur KPU dan Bawaslu datang berkunjung, pastikan selalu menjaga jarak aman dan hindari berjabat tangan langsung sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 secara mandiri, " tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]