KKN Daring Covid-19 UNP, Mahasiswa Lakukan Aksi Sosial Jadi Relawan Masjid


Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:57:54 WIB
KKN Daring Covid-19 UNP, Mahasiswa Lakukan Aksi Sosial Jadi Relawan Masjid Ist

HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) saat ini sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) daring Covid-19. Di mana para mahasiswa yang terdiri dari beberapa orang dalam satu kelompok melakukan kegiatan sosial berupa mengabdi di masyarakat suatu daerah.

Salah satu program dari KKN Daring Covid-19 UNP adalah menjadi relawan masjid. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa seperti membersihkan masjid dan seluruh peralatan yang ada di sana. Kemudian melakukan perbaikan sarana dan prasarana, membantu masyarakat dalam penyemprotan cairan disinfektan, dan memberikan edukasi terhadap remaja masjid mengenai pentingnya menjaga dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Salah satu kelompok KKN daring Covid-19 Mahasiswa UNP yang diketuai oleh Ilham Alzari dari Jurusan Teknik Otomotif mengatakan kelompoknya melakukan kegiatan di Masjid Nurul Yakin Sawah Baruah, Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok pada Jumat (26/6) kemarin.

Ia mengatakan pada kegiatan tersebut, kelompoknya terdiri dari 10 orang dan telah melakukan beberapa kegiatan sosial di sana. Tak hanya itu, pada kegiatan sosial tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar, pengurus, dan remaja masjid.

"Relawan masjid merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN UNP yang berada di Nagari Kinari. Kegiatan relawan masjid ini melibatkan mahasiswa KKN UNP Nagari Kinari, pengurus masjid, remaja masjid, serta masyarakat yang turut andil dalam kegiatan ini," katanya, Sabtu (27/6).

Ia menjelaskan rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan seperti melakukan bersih-bersih masjid meliputi karpet salat, pembersihan kaca jendela dan pintu, tempat wudu serta perkarangan masjid sehingga terciptanya lingkungan masjid yang bersih dan sehat.

Selanjutnya, melakukan perbaikan sarana dan prasarana masjid meliputi perbaikan pintu wc, pemasangan tong sampah, pagar, dan lain sebaginya sehingga jamaah masjid menjadi semangat dan senang dalam beribadah. Tak lupa kelompok mahasiswa UNP tersebut juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan guna mensterilisasikan, membunuh kuman serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terkhusunya ditempat ibadah sebelum dilaksankannya salat Jumat berjamaah," lanjutnya.

Demi menerapkan peraturan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan, mereka juga memberikan edukasi kepada remaja masjid tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.

"Harapannya aksi sosial yang berbentuk relawan masjid ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama bagi jamaah masjid itu sendiri," harapnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]