Agar Tak Tertular Covid-19, Ini Tips Aman Gunakan Toilet Umum


Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:15:44 WIB
Agar Tak Tertular Covid-19, Ini Tips Aman Gunakan Toilet Umum Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Memasuki era new normal, muncul rasa kekhawatiran bagi sejumlah orang. Hal ini dikarenakan kembali beraktivitasnya orang-orang dan juga potensi penggunaan fasilitas umum, misalnya toilet.

Toilet menjadi sarana umum yang rawan terkontaminasi bakteri atau virus, terutama virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2.

Diketahui, virus ini dapat menular melalui droplet yang menempel di permukaan benda.

Agar tidak tertular virus, berikut sejumlah tips aman untuk menggunakan toilet di tempat umum.

1. Menjaga jarak

Melansir dari Kompas.com, Sabtu (27/6/2020), Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkapkan bahwa virus corona dapat menular antar manusia dengan jarak yang berdekatan.

Jika dihubungkan dengan penggunaan toilet, seorang peneliti di Texas Policy Lab, Susan Amirian, mengatakan bahwa menjaga jarak dinilai sulit lantaran toilet umum cenderung ramai dengan orang-orang yang mengantre giliran.

Tetapi, ada beberapa fasilitas dari toilet umum yang menandai penggunaan wastafel menggunakan selotip. Hal ini dilakukan guna membuat orang agar tidak berdiri terlalu dekat satu sama lain.

Jika pada toilet umum tidak ada penanda untuk jaga jarak, Anda sebaiknya inisiatif untuk bergeser agak jauh dari orang lain atau menghindari kerumunan.

2. Pakai masker

Masker merupakan alat pencegahan infeksi yang digadang-gadang ampuh untuk Covid-19.

Dengan menggunakan masker, peluang Anda tertular Covid-19 sangatlah kecil. Sebab, masker akan melindungi Anda dari droplet yang dikeluarkan atau terhirup.

3. Menutup toilet sebelum menekan "flush"

Kemudian, hal penting yang perlu diperhatikan yakni memulai kebiasaan untuk menutup toilet duduk sebelum menekan tombol flush untuk mengguyur toilet.

Menurut sebuah riset, kegiatan mengguyur toilet dapat menimbulkan tetesan dan diindikasi tetesan tersebut dapat terhirup atau jatuh ke permukaan.

Berdasarkan jurnal Physics Fluids, periset menganalisis dua model proses penyiraman toilet, yalni pembilasan saluran tunggal dan pembilasan annular. Keduanya disimulasikan dan dilihan karakteristik aliran air serta pergerakan partikel aerosol.

Dalam laporan, disebutkan bahwa sebanyak 40-60 persen dari total partikel dapat naik ke atas dudukan toilet, sehingga mengakibatkan penyebaran virus.

Tak hanya itu, periset juga mengimbau masyarakat untuk mencuci tangan setelah menyentuh tombol atau kenop penyiraman. 

4. Mencuci tangan

Setelah Anda menggunakan toilet, apa pun yang Anda sentuh, sebaiknya langsung mencuci tangan menggunakan sabun.

Sebab, penularan virus lewat permukaan sangat mungkin terjadi dan dengan mencuci tangan menggunakan sabun akan menutus rantai penularan.

5. Keringkan tangan dengan tisu

Selanjutnya, keringkan tangan menggunakan tisu daripada menggunakan pengering otomatis.

Peneliti dari University of Leeds mengungkapkan, pengering otomatis dapat menyebarkan aerosol yang terkontaminasi permukaan lain.

6. Minimalisir menyentuh benda di toilet

Ketika menggunakan toilet, sebaiknya kita tidak terlalu banyak menyentuh benda-benda di sekitar toilet.

Oleh karena itu, gunakanlah toilet secara efektif, seperti hanya menyentuh selot kunci pintu toilet, membersihkan dudukan toilet, menutup kloset sebelum menyiram, dan membukanya setelah mengguyur toilet.

7. Jangan sentuh wajah

Terkadang, tangan menjadi sumber kuman atau virus di mana tangan sering kali menyentuh permukaan benda.

Sebaiknya, hindari menyentuh wajah terutama jika Anda belum dapat memastikan apakah tangan Anda sudah bersih dari kuman atau belum.

Virus dapat menginfeksi tubuh dengan masuk melalui mulut, hidung, atau cairan pada mata. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 08:29:41 WIB

    5 Cara Agar Tak Tertular Corona Ketika di Rumah

    5 Cara Agar Tak Tertular Corona Ketika di Rumah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pembatasan aktivitas, pergerakan dan kebijakan menjaga jarak diterapkan demi mengerem laju penyebaran virus corona. Orang diminta untuk tetap tinggal di rumah dan hanya boleh keluar untuk keperluan.
  • Kamis, 09 April 2020 - 21:49:11 WIB

    Tips Agar Tak Gemuk saat di Rumah Saja

    Tips Agar Tak Gemuk saat di Rumah Saja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sudah tiga pekan masyarakat menjalankan physical distancing dengan tetap tinggal di rumah. Dengan adanya pembatasan kegiatan di luar rumah, tidak sedikit membuat masyarakat yang bosan. .
  • Rabu, 01 April 2020 - 13:40:58 WIB

    Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril?

    Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kelangkaan masker bedah membuat orang beralih ke jenis masker lain, salah satunya masker kain. Meski kemampuan menyaring partikel tak sebagus masker bedah, masker kain tetap bisa dipakai dalam kond.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 07:48:25 WIB

    7 Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi agar Manfaatnya Maksimal

    7 Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi agar Manfaatnya Maksimal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berjemur di pagi hari sangat baik untuk imunitas tubuh dalam menangkal virus corona. Namun perlu diperhatikan tipsnya agar berjemur mendapatkan hasil maksimal..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 07:26:28 WIB

    BCL Bisa Halau Corona agar Tak Menembus Paru-paru

    BCL Bisa Halau Corona agar Tak Menembus Paru-paru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gabungan peneliti dari perusahaan teknologi biologi PUFF, Nucleus Farma, dan Professor Nidom Foundation (PNF) mengembangkan obat virus corona Covid-19 dengan metode receptor blocker..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]