Ini Faktor yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan di Persimpangan


Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:23:00 WIB
Ini Faktor yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan di Persimpangan Ist

HARIANHALUAN.COM – Persimpangan merupakan tempat bertemunya kendaraan dari berbagai arah. Kemudian, lokasi ini ada yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas dan ada juga yang tidak.

Karena banyaknya kendaraan yang bertemu dari berbagai arah, persimpangan sering menjadi tempat terjadinya kecelakaan. Walaupun sudah mengikuti lampu lalu lintas, masih ada saja yang melanggar karena tidak sabaran.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kecelakaan di persimpangan.

“Pertama, pengemudi tidak melihat atau kurang waspada. Pengemudi seharusnya memaksimalkan penglihatannya agar tetap waspada dengan situasi lalu lintas yang ada di sekitarnya,” kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (27/6/2020).

Dalam kondisi mengemudi, harus penuh konsentrasi. Walau sudah berusaha untuk tertib dan memberi jalan untuk orang lain, ada saja yang melanggar dan bisa membahayakan untuk diri sendiri.

“Selanjutnya yaitu kecepatan. Masih sering ditemukan pengemudi yang tancap gas ketika ingin melewati persimpangan. Berharap pengguna jalan lain untuk memberi jalan,” ucap Sony.

Kurangnya toleransi antar pengemudi di jalan membuat masih ada orang yang tidak ingin mengalah. Oleh sebab itu, ada saja pengguna jalan yang mudah tersulut emosinya, dan sering terjadi bentrok di jalanan.

“Penyebab kecelakaan selanjutnya yaitu kelelahan atau fatigue. Kelelahan bisa membuat pengemudi tidak fokus sehingga potensi kecelakaan bisa bertambah,” kata dia.

Sony menambahkan, pemahaman pengemudi yang kurang saat berada di persimpangan juga menjadi faktor lain yang menyebabkan kecelakaan. Ketika melewati suatu daerah, harus mengikuti rambu-rambu yang ada. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 08:06:08 WIB

    Bukan Cuma Honda Nova, 4 Motor Ayam Jago Ini Juga Jadi Incaran Kolektor

    Bukan Cuma Honda Nova, 4 Motor Ayam Jago Ini Juga Jadi Incaran Kolektor HARIANHALUAN.COM – Dalam beberapa hari terakhir, media ramai memberitakan motor bebek jadul, Honda Nova Dash yang ditawarkan tinggi ke pembeli. Bahkan, angkanya tembus Rp130 juta. Mengapa bisa sedemikian mahal?..
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 21:07:38 WIB

    Ganti Oli Mobil Tidak Boleh Disemprot Angin, Ini Efeknya

    Ganti Oli Mobil Tidak Boleh Disemprot Angin, Ini Efeknya HARIANHALUAN.COM – Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu menjadi impian setiap orang. Namun untuk mewujudkannya tentu pemilik mobil harus rajin melakukan servis sesuai ketentuan yang berlaku, mulai dari mengganti oli m.
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 17:33:34 WIB

    Canggih Ya, Mobil Ini Diklaim Bisa Hindari Tabrakan

    Canggih Ya, Mobil Ini Diklaim Bisa Hindari Tabrakan HARIANHALUAN.COM - Daihatsu Motor Co., Ltd. meluncurkan Daihatsu Granmax pick-up dan minibus di Jepang. Di negeri itu, Granmax minibus disebut Granmax Carbo dan versi pick-up disebut Granmax Truck..
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 12:04:03 WIB

    Fantastis, Ternyata Segini Gaji Marc Marquez di Honda

    Fantastis, Ternyata Segini Gaji Marc Marquez di Honda HARIANHALUAN.COM - Direktur Olahraga Ducati MotoGP Paolo Ciabatti mengungkap gaji luar biasa yang didapat Marc Marquez bersama Repsol Honda..
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 13:50:07 WIB

    Hal Ini Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjual Mobil

    Hal Ini Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjual Mobil HARIANHALUAN.COM - Mobil bukan hanya alat mobilitas, melainkan aset fleksibel yang bisa menghasilkan pendapatan jika dipakai untuk berbisnis atau dijual bila membutuhkan dana. Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]