Pasien ke-16 Positif Covid-19 Asal Dharmasraya Dinyatakan Sembuh


Sabtu, 27 Juni 2020 - 17:41:27 WIB
Pasien ke-16 Positif Covid-19 Asal Dharmasraya Dinyatakan Sembuh Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengkonfirmasi pasien 16 yang sempat dinyatakan positif terpapar virus Corona sudah dinyatakan sembuh.

"Pasien 16 atas nama Tuan A (33) dipastikan sudah sembuh karena sudah dua kali konversi dinyatakan negatif oleh petugas pemeriksa laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, " kata juru bicara gugus tugas setempat, dr Ramadhan, di Dharmasraya, Sabtu (27/6).

Dengan demikian, lanjutnya, pasien sembuh berjumlah sebanyak 18 orang dari total 22 orang yang terdeteksi positif terpaoar sebelumnya.

Terkait laporan pelaksanaan Pool Swab Test yang dilaksanakan pihaknya, hari ini sudah dilakukan uji sampel cairan hidung dan tenggorokan terhadap 12 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diselenggarakan oleh Puskesmas Silagosudah, sehingga total Swab test yang sudah dilakukan sebanyak 1.150 orang.

"Pada hari ini juga sudah diterima hasil uji sampel dari pihak laboratorium sebanyak 87 sampel dengan rincian 63 orang yang diperoleh dari pool test seluruhnya negatif, 6 sampel Orang Dalam Pemantauan (ODP), 8 sampel Rapid ReaktifReaktif, 6 sampel frontliner Pariwisata, 2 sampel ibu hamil, 3 sampel positif Covid-19 diantaranya dua sampel Tuan A," ungkapnya.

Terkait hasil zonasi penyebaran berdasarkan hasil pool rest, ia menjelaskan dari 52 nagari sasaran, 49 nagari diantaranya sudah berhasil masuk daerah kategori zona hijauhijau dan satu nagari, yakni Nagari Alahan Nan Tigo, masih menunggu hasil karena masih ada warga positif covid-19 yang masih dirawat asal daerah itu.

"Suatu daerah baru bisa dikatakan zona hijau jika target pool test bisa dituntaskan 100 persen, tidak ada penambahan kasus positif selama 28 hari dan seluruh pasien yang terpapar sudah dinyatakan sembuh," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]