Kabupaten Agam Prediksi Bakal Sembelih 5.681 Ekor Hewan Qurban


Sabtu, 27 Juni 2020 - 20:07:20 WIB
Kabupaten Agam Prediksi Bakal Sembelih 5.681 Ekor Hewan Qurban Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Agam, memprediksi penyembelihan hewan pada Idul Adha 1441 hijriyah meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri menyebutkan bahwa penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha tahun ini diprediksi sebanyak 5.681 ekor, terdiri dari 5.496 ekor sapi dan 185 ekor kambing.

“Jumlah ini meningkat dibanding 2019 yang hanya 5.615 ekor, terdiri dari 5.441 ekor sapi dan 174 ekor kambing,” ujarnya, Sabtu (27/6/2020).

Iswan menyebutkan setiap kecamatan ada yang naik dan juga menurun jumlah hewan qurbannya. Tetapi jumlah kecamatan yang menyembelih kambing diprediksi menurun tahun ini.

“Tahun lalu menyembelih kambing sebanyak 13 kecamatan dan tahun ini diprediksi berkurang menjadi 10 kecamatan,” terang Iswan.

Berkurangnya jumlah pemotongan kambing karena faktor kurang diminati, karena tidak semua masyarakat yang menyukai dan pandai memasak daging kambing.

Lebih jauh Iswan mengatakan, sepekan menjelang hari H atau Idul Adha 1441 hijriyah, Dinas Pertanian Agam bakal menurunkan tim pengawasan dan pemeriksaan ke seluruh nagari untuk memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih pada Idul Adha 1441 H.

“Mereka nanti akan memastikan hewan qurban yang akan dipotong dalam keadaan sehat,” sebutnya.

Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, pihaknya nanti juga bakal menyurati masyarakat terutama panitia qurban, agar saat penyembelihan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker dan jaga jarak. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center (AMC) /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 14:07:58 WIB

    Kabupaten Agam Raih Prediket WTP 6 Kali Berturut-turut

    Kabupaten Agam Raih Prediket WTP 6 Kali Berturut-turut HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. Sebelumnya predikat ini pertama kali diterima Agam pada .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 16:48:08 WIB

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok

    Hasil Menurun, Anggota DPRD Sumbar Ini Bakar Semangat Petani di Kabupaten Solok HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi V DPRD Propinsi Sumatera Barat Daswippetra Dt Mjj Alam membakar semangat petani di Kabupaten Solok untuk membudidayakan cengkeh, kopi dan manggis dalam upaya menambah pendapatan rumahtanggany.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 20:13:05 WIB

    Distribusi BLT Dana Desa Tahap II di Kabupaten Agam Capai 80 Persen

    Distribusi BLT Dana Desa Tahap II di Kabupaten Agam Capai 80 Persen HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan nagari di Kabupaten Agam telah mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap dua kepada masyarakat terdampak Covid-19. Pendistribusian BLT dana desa ini sudah mencapai 80 persen.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 10:34:15 WIB

    BLT Kabupaten Solok Selatan Mulai Disalurkan

    BLT Kabupaten Solok Selatan Mulai Disalurkan HARIANHALUAN.COM -- Secara bertahap Bantuan Langsung Tunai (BLT) di salurkan dari alokasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Solok Selatan (Solsel) dengan nilai total Rp32 miliar untuk 17.141 Kepala Keluarga (KK) .
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 11:11:53 WIB

    Kabar Gembira! BLT Kabupaten Disalurkan Mulai 2 Juni di Solsel

    Kabar Gembira! BLT Kabupaten Disalurkan Mulai 2 Juni di Solsel HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) memastikan akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) mulai 2 Juni 2020 untuk 17.141 Kepala Keluarga (KK) dengan pencairan langsung untuk tiga bulan atau seni.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]