Alhamdulillah Bertambah 10 Lagi, Total Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Capai 581 Orang


Sabtu, 27 Juni 2020 - 20:35:59 WIB
Alhamdulillah Bertambah 10 Lagi, Total Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Capai 581 Orang Jasman Rizal

HARIANHALUAN.COM - Pasien sembuh dari Covid-19 kembali bertambah 10 orang pada Sabtu (27/6/2020), sehingga total sembuh sampai hari ini berjumlah 581 orang atau 80,47 persen.

"Pasien sembuh hari ini ada yang berasal dari Dharmasraya, Padang, Sawahlunto dan lainnya," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Angka ini merupakan total kesembuhan tertinggi di Indonesia. "Kita patut bersyukur, Sumbar berada di angka sembuh tertinggi Indonesia, sekaligus jauh diatas persentase sembuh secara nasional," kata Jasman.

Hingga dilaporkan Sabtu pagi, sebanyak 16 orang pasien Covid-19 yang sebelumnya sempat dirawat dan diisolasi sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil uji swab yang dilakukan sebanyak dua kali dengan hasil negatif, namun berdasarkan update data pukul 15.00 WIB, Jasman meralat data yang mana hanya 10 pasien yang dinyatakan sembuh, Artinya dari total 722 kasus, 581 orang diantaranya sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

"Disamping itu, kita masih memiliki pasien dirawat di rumah sakit berjumlah 57 orang atau 7,90 persen, Isolasi diberbagai fasilitas 53 orang atau 7,34 persen," tambah Jasman.

10 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut, diantaranya :

1. Pria 33 th, warga Asam Jujuhan Kab. Dharmasraya, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Sungai Dareh.

2. Wanita 15 th, warga Parupuak Tabiang Kota Padang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina Balai Diklat Keagamaan.

3. Wanita 32 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, pekerjaan karyawan hotel, terinfeksi karena kontak di pasar raya, pasien karantina Balai Diklat Keagamaan.

4. Wanita 36 th, warga Mato Aia, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

5. Wanita 60 th, warga Pagambiran, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak di pasar raya, pasien Semen Padang Hospital.

6. Pria 62 th, warga Gantiang, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak di pasar raya, pasien Semen Padang Hospital.

7. Wanita 33 th, warga Talawi Hilir Kota Sawahlunto, status IRT, terinfeksi karena pulang dari Padang tanggal 10 Mei 2020, pasien Semen Padang Hospital.

8. Wanita 12 th, warga Ampalu Pagambiran Kota Padang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

9. Bayi (laki-laki) 8 bulan, warga Sungai Sapiah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, RSUD Rasidin Padang.

10. Wanita 61 th, warga Belanti, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.652 orang. Proses pemantauan 175 orang, dengan rincian karantina Pemda 2 orang dan 173 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 9.477 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)* sebanyak 1.313 orang. Masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium 17 orang. Dinyatakan negatif, pulang dan sembuh 1296 orang.

Namun demikian, sesuai arahan Gubernur Irwan Prayitno selaku ketua Gugus Tugas Provinsi Sumbar, masyarakat diminta jangan lengah. Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]