Ada yang Mengerikan, Ini Lima Momen Sejarah yang Terjadi dalam 1 Detik


Ahad, 28 Juni 2020 - 08:35:49 WIB
Ada yang Mengerikan, Ini Lima Momen Sejarah yang Terjadi dalam 1 Detik ilustrasi bom Atom

HARIANHALUAN.COM - Sering kali dianggap sepele, beberapa hal penting rupanya sering terjadi dalam waktu kurang dari 1 detik. Tercatat, setidaknya ada 5 momen sejarah yang pernah terjadi hanya dalam 1 detik, salah satunya adalah momen bom Hiroshima dan Nagasaki. Berlangsung sangat cepat, siapa sangka jika momen bersejarah ini justru menjadi salah satu hal yang dapat mengubah dan mempengaruhi dunia secara umum dalam waktu cepat atau lama. 

Mengutip Listverse, setidaknya ada 5 momen sejarah yang terjadi dalam 1 detik, berikut beberapa diantaranya:
1. Asteroid di Era Mesozoikum
Momen sejarah yang terjadi dalam 1 detik dan cukup mengenaskan adalah kepunahan massal pada akhir Era Mesozoikum sekitar 66 juta tahun yang lalu. Saat itu, asteroid berukuran gunung menghantam Bumi dengan luar biasa. Dalam sekejap mata, momen ini mengubah dunia dan Bumi hingga mengakibatkan kepunahan dinosaurus.

2. Pembunuhan Abraham Lincoln
Momen lainnya terjadi pada 14 April 1865 saat Presiden Abraham Lincoln dan istrinya dibunuh di Ford's Theatre di Washington DC. Saat itu, John Wilkes Booth menyelinap dan menembak Abraham Lincoln. Peluru yang keluar dari pistol oknum ini bahkan hanya terhitung 500 hingga 700 mili detik.

3. Bola lampu Thomas Alfa Edison
Pada 31 Desember 1879, Thomas Alfa Edison menarik saklar yang membuat arus listrik mengaliri bola lampu. Jarak listrik ke bola lampu ini adalah 186.000 mil per detik dalam ruang hampa udara. Hal ini yang lalu berpengaruh pada kehidupan manusia hingga saat ini.

4. Pesan nirkabel Guglielmo Marconi
Tahun 1901, Guglielmo Marconi mengirim transmisi jarak pendek melintasi Selat Inggris. Membantah teori transmisi sinyal kode yang melengkung mengikuti Bumi, sinyal ini memantul pada ionosfer dan bergerak dalam kecepatan cahaya.

5. Bom Hiroshima dan Nagasaki
Dua bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki berlangsung snagat cepat pada tahun 1945. Dengan memperhitungkan semua jumlah energi dalam bom tersebut, fisikawan memprediksi bahwa proses ini terjadi dalam waktu satu mikrodetik atau sepersejuta detik.

Berlangsung sangat cepat, beberapa tahun kemudian, 5 momen sejarah ini memberikan efek luar biasa bagi kehidupan manusia modern saat ini. Beberapa efek yang terjadi adalah positif dan negatif yang membuat keadaan berubah drastis seperti sekarang ini. (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Juli 2020 - 17:35:47 WIB

    Catat, Ini Dia Lima Fenomena Langit yang Terjadi pada Juli 2020

    Catat, Ini Dia Lima Fenomena Langit yang Terjadi pada Juli 2020 HARIANHALUAN.COM - Banyak fenomena langit yang terjadi tiap bulannya, entah bisa terlihat secara langsung atau butuh bantuan alat. Termasuk Juli 2020 ini, banyak kejadian yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya, ada lima fen.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 20:48:51 WIB

    Bulan Juli akan Ada Gerhana Bulan Darah, Catat Tanggalnya

    Bulan Juli akan Ada Gerhana Bulan Darah, Catat Tanggalnya HARIANHALUAN.COM – Gerhana bulan total atau yang populer dikenal dengan sebuah gerhana bulan darah akan terjadi pada 4 dan 5 Juli mendatang. Bulan darah jadi peristiwa yang langka, dari periode tahun 2020 sampai 2025 dipred.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 14:25:50 WIB

    Benarkah Ada 36 Kehidupan Lain Selain di Bumi?

    Benarkah Ada 36 Kehidupan Lain Selain di Bumi? HARIANHALUAN.COM - Selama berabad-abad, para ilmuwan telah menjelajahi alam semesta untuk mencari petunjuk kosmik, apakah manusia sendirian di alam semesta. Sekarang, perkiraan baru menunjukkan mungkin ada peradaban aktif lai.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 08:06:05 WIB

    Tak Hanya Disebut Datar, Ternyata Ada Teori Lain Mengenai Bumi

    Tak Hanya Disebut Datar, Ternyata Ada Teori Lain Mengenai Bumi HARIANHALUAN.COM - Bumi tempat semua makhluk hidup ini memiliki bentuk yang diperdebatkan. Karena tak semua orang percaya bentuknya bulat, tapi ada yang percaya Bumi Datar. Sebagai yang terbesar, Bumi tentu menyimpan banyak m.
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 08:01:38 WIB

    Saksikan! Asteroid Seluas Lapangan Bola Lewati Bumi pada 6 Juni 2020

    Saksikan! Asteroid Seluas Lapangan Bola Lewati Bumi pada 6 Juni 2020 HARIANHALUAN.COM -- Asteroid seluas lapangan bola akan melewati Bumi di hari lahir Presiden Pertama Indonesia, Soekarno (Bung Karno). Adalah Asteroid 2002 NN4, berdasarkan data yang diperoleh dari Center of Near Earth Obje.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]