Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Enam Stadion Ini Dipastikan Jadi Venue


Ahad, 28 Juni 2020 - 08:45:46 WIB
Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Enam Stadion Ini Dipastikan Jadi Venue Stadion Jakabaring Palembang sebagai salah satu venue Pildun U-20 pada tahun 2021 mendatang. (istimewa)

HARIANHALUAN.COM - PSSI telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Administrasi keenam stadion tersebut telah dimasukkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk diproses lebih lanjut.

PSSI sebelumnya mengajukan 11 stadion sebagai calon venue pertandingan Piala Dunia U-20 ke FIFA untuk kemudian dikerucutkan menjadi enam stadion. Enam stadion yang terpilih tersebut masing-masing Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

"Sedangkan, Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru) tidak jadi digunakan,"  kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kemarin.

Stadion-stadion tersebut menjadi representasi dari beberapa wilayah di Indonesia dan telah berpengalaman menggelar pertandingan-pertandingan internasional seperti Asian Games 2018 silam. Jadi hampir semua provinsi terwakili, Jakabaring karena memang sudah pernah melakukan event besar dan mewakili Pulau Sumatra yang merupakan salah satu bagian NKRI.

"Surat keenam stadion itu sudah masuk ke PUPR untuk dilakukan renovasi. Namun untuk stadion seperti SUGBK dan Manahan, tinggal perbaikan sedikit," kata Ketua Umum PSSI.

Dalam surat ke Kementerian PUPR itu, PSSI meminta untuk segera merenovasi enam stadion tersebut, melengkapi lima lapangan di sekitar stadion-stadion tersebut untuk digunakan sebagai tempat latihan tim peserta dan wasit dan kursi penonton di seluruh stadion harus berbentuk single seat.

Direncanakan, proses renovasi stadion-stadion tersebut harus rampung dua bulan sebelum Piala Dunia U-20 dimulai dan PSSI menargetkan Februari atau Maret 2021 sudah selesai, sebab Mei 2021 sudah harus digunakan. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]