Maju Pilwako Bukittinggi, Yemmelia Ingin Tata Sektor Pariwisata yang Transparan


Ahad, 28 Juni 2020 - 10:02:56 WIB
Maju Pilwako Bukittinggi, Yemmelia Ingin Tata Sektor Pariwisata yang Transparan Yemmelia, bakal calon Wali Kota Bukittinggi.

HARIANHALUAN.COM - Bakal Calon (balon) Wali Kota Bukittinggi, Yemmelia Wiryanto mengumumkan dirinya akan ikut bersaing dalam Pilkada tahun 2020 ini. Dia menyebutkan komitmennya dalam Pilwako Bukittinggi yang didasari atas keinginan untuk membangun dan mengabdi untuk Kota Jam Gadang tersebut.

Lahir di Bukittinggi, 26 Maret 1964, seorang birokrat asal Kota Jam Gadang tersebut dipercaya menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Budaya Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Banten. Memiliki latar belakang pendidikan di Universitas Ekasakti Padang tersebut, dia didaulat menjadi Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Banten yang berisikan 800 ribu kepala keluarga atau sekitar 1,2 juta warga Minangkabau yang menetap di Provinsi Banten.

Selain aktif di beberapa organisasi lainnya, sosok Yemmelia juga dikenal dekat dengan suku Baduy di sana. Bahkan, dirinya dijdikan Ambu (Ibu) oleh masyarakat tradisonal di Kabupaten Lebak, Banten itu. Dirinya juga gemar berorganisasi dan berkegiatan sosial dari muda. Selain pernah menjadi atlet pada awal 1980-an, Yemmelia juga merupakan Putri Citra tingkat Nasional tahun 1985.

Karena kedekatannya dengan masyarakat, Yemmelia pada tahun 2015 sempat diusulkan masyarakat Minang Banten untuk maju di Pilkada Gubernur Sumbar pada saat itu. Di Pilwako Bukittinggi 2020 ini, dia digadang-gadang akan maju dan akan menata ulang Kota Bukittinggi di sektor pariwisata dan ingin mewujudkan pemerintahan yang transparan.

Yemmelia Wiryanto aktif di beberapa organisasi seperti Penasihat Asosiasi PKL Provinsi Banten semenjak tahun 2007. Kemudian, menjadi Ketua Ikatan Keluarga Minang se-Provinsi Banten semenjak tahun 2008. Menjadi Pembina Artis Minang dan Seni Banten-Jakarta, Pembina Angkatan Muda Banten, dan Pengurus Yayasan Majelis Taklim Albantani Banten.

Untuk pencalonannya sebagai bakal calon Walikota, Yemmelia telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai, seperti PPP, PAN, PKB, Nasdem, PKS dan Gerindra. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]