Tiba di Sorong, Satu Penumpang Garuda Ternyata Positif Corona


Ahad, 28 Juni 2020 - 13:02:51 WIB
Tiba di Sorong, Satu Penumpang Garuda Ternyata Positif Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Satu orang penumpang pesawat Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Penumpang itu diketahui positif Corona usai petugas melakukan pengecekan dokumen kesehatan.

Dikutip dari Antara, Minggu (28/6/2020), saat penumpang tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong pada Sabtu (27/6), petugas melakukan pengecekan dokumen perjalanan. 

Bedasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, penumpang itu dinyatakan positif COVID-19. Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) berinisial WY diketahui berasal dari Kabupaten Sorong Selatan.

Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, dr Farida Tariq mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas karantina. Farida mengatakan yang bersangkutan sudah dibawa ke ruang isolasi di bandara.

"Kami sudah berkomunikasi dengan petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan di Bandara Soekarno-Hatta dan sedang ditelusuri karena sesuai mekanisme hasil tes usap yang diketahui positif, tidak diberikan kepada calon penumpang," ujarnya.

Menurut dia, setiap penumpang yang naik dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta tetap dilakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Mungkin karena banyak penumpang dan petugas kesehatan Karantina Kesehatan Pelabuhan di sana terbatas sehingga petugas kewalahan melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan.

Farida mengatakan petugas akan melakukan tracing kepada penumpang yang melakukan kontak langsung dengan WY. Petugas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap pesawat. Pihaknya juga sudah menyiapkan kepada Gugus Tugas Sorong Selatan agar melakukan karantina mandiri terhadap beberapa orang siswa yang telah kontak erat dengan penumpang positif tersebut.

"Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap pesawat sebelum menaikkan penumpang dari Bandara Domine Eduard Osok Sorong," tambah dia.

Menurut informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong, penumpang tersebut sementara akan menjalani karantina di Gedung Diklat Kampung Salak. Saat ini penumpang masih menunggu jemputan petugas di bandara. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Juli 2020 - 19:17:05 WIB

    Tiba di Indonesia, TKI Ety Toyyib Tegaskan Tak Dendam Dituduh Pernah Membunuh

    Tiba di Indonesia, TKI Ety Toyyib Tegaskan Tak Dendam Dituduh Pernah Membunuh HARIANHALUAN.COM- Tenaga kerja Indonesia (TKI) Ety Toyyib Anwar yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi telah kembali ke Indonesia usai menjalani masa pidana selama 18 tahun. Dia mengatakan merasa tak bersalah atas tuduha.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:36:50 WIB

    Musim Kemarau Tiba, BMKG Ingatkan Potensi Bencana Ini

    Musim Kemarau Tiba, BMKG Ingatkan Potensi Bencana Ini HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa 51,2 persen wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Hal itu sudah diprediksi sebelumnya oleh BMKG..
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 07:22:28 WIB

    Bersiaplah, Lowongan Kerja Segera Tiba

    Bersiaplah, Lowongan Kerja Segera Tiba HARIANHALUAN.COM -- Memasuki kehidupan new normal pada awal Juni ini, sebagian pegawai sudah mulai kembali bekerja termasuk di sektor alih daya atau outsourcing..
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 21:16:08 WIB

    Tiba-tiba Luhut Video Call ke Washington, Ada Apa Ini?

    Tiba-tiba Luhut Video Call ke Washington, Ada Apa Ini? HarianHaluan.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menghadap Presiden Joko Widodo, Jumat (15/5/2020). Dalam kesempatan itu, Luhut melaporkan tindak lanjut pem.
  • Selasa, 28 April 2020 - 14:34:19 WIB

    Tiba-tiba Perppu Corona yang Digugat Amien Rais Dkk Jadi Urgen, Kenapa..

    Tiba-tiba Perppu Corona yang Digugat Amien Rais Dkk Jadi Urgen, Kenapa.. JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mahkamah Konstitusi menegaskan pengujian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 terkait penyesuaian keuangan negara akibat wabah COVID-19 yang dilakukan secara lan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]