Waspada, 2 Kasus Positif di Sumbar Ternyata Imported Case


Ahad, 28 Juni 2020 - 17:48:00 WIB
Waspada, 2 Kasus Positif di Sumbar Ternyata Imported Case Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dua dari tiga kasus penambahan positif Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) hari ini berasal dari imported case atau kasus impor dari luar Sumbar. Sehari sebelumnya, satu tambahan kasus positif juga dilaporkan dari luar yakni Provinsi Jambi.

"Ini harus kita waspadai bersama, agar tidak terjadi cluster baru di Sumbar akibat adanya orang luar yang membawa Covid-19 ke Sumbar. Untuk itu kembali kita imbau, agar yang baru masuk Sumbar supaya dapat mengisolasi diri secara mandiri dengan ketat," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, Minggu (28/6/2020).

Dua warga imported case tersebut berasal dari daerah yang berbeda, pertama, berasal dari Kabupaten Sijunjung yakni, Pria 21 tahun warga Sumpur Kudus, status pelajar, terinfeksi karena sebagai santri temboro, pulang dari Jawa Timur tanggal 18 April 2020, penanganan isolasi mandiri sementara. 

Sedangkan dari Kabupaten Agam merupakan Wanita 27 tahun warga Manggopoh, pekerjaan swasta, terinfeksi dari Medan tanggal 25 Juni 2020, juga penanganan isolasi mandiri sementara.

Sedangkan pertambahan kasus yang berasal dari transmisi lokal berasal dari Kota Bukittinggi, yakni Wanita 38 tahun, warga Birugo, status IRT, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

"Insyaa Allah transmisi lokal telah dapat dikendalikan dengan baik dan semoga dari hari ke hari kasus positif semakin berkurang," kata Jasman.

Dengan penambahan kasus tersebut maka total warga Sumbar terkonfirmasi virus Corona berjumlah 725 orang, dengan rincian, dirawat di berbagai rumah sakit 54 orang atau 7,45 persen, isolasi diberbagai fasilitas 53 orang atau 7,31 persen, meninggal dunia 31 orang atau 4,28 persen dan sembuh 587 orang atau 80,9 persen.

"Masih merupakan persentase kesembuhan tertinggi di nasional," kata Jasman.

Hasil tersebut berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab dr Andani Eka Putra.

"Melalui informasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, tim laboratorium telah memeriksa sampel sebanyak 885 swab yang sebelumnya dikirim dari berbagai rumah sakit di Sumbar, 858 diperiksa di Lab Unand dan 27 sample di Baso Agam," kata Jasman.  

Tetaplah jaga kesehatan, konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 20:57:55 WIB

    Waspada, Besok Ada Potensi Gelombang Tinggi 3 Meter di Perairan Pesisir Barat Bengkulu

    Waspada, Besok Ada Potensi Gelombang Tinggi 3 Meter di Perairan Pesisir Barat Bengkulu HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur kembali mengeluarkan prediksi cuaca dan potensi gelombang untuk hari besok, Jumat (3/7/2020), pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB..
  • Kamis, 09 November 2017 - 22:04:12 WIB

    Waspada, Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Sumbar

    Waspada, Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Sumbar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat Sumatera Barat dihimbau waspada terhadap cuaca dalam tiga hari ke depan. Diprediksi hujan lebat, angin dan gelombang tingi menerjang sebagian wilayah Sumbar..
  • Kamis, 02 Maret 2017 - 09:34:18 WIB

    Waspada, Cuaca Sumbar Tidak Menentu

    Waspada, Cuaca Sumbar Tidak Menentu PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Ketaping, Padang Pariaman, menyatakan dinamika cuaca di provinsi itu masih berpotensi berubah-ubah walaupun sudah memasuki perpindahan musim basah ke kering..
  • Senin, 27 Juli 2015 - 20:28:10 WIB

    Waspada, Hujan Es Sulit Diprediksi

    SOLOK, HALUAN — Hu­jan es yang sertai angin ken­cang yang terjadi di Kota Solok hari Minggu (26/7).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]