Seekor Harimau Kembali Masuk Perangkap di Solok, KSDA: Penangkapan Adalah Solusi Terakhir


Ahad, 28 Juni 2020 - 17:58:23 WIB
Seekor Harimau Kembali Masuk Perangkap di Solok, KSDA:  Penangkapan Adalah Solusi Terakhir Seekor harimau diduga induknya kembali masuk perangkap BKSDA Solok.

SOLOK, HARIANHALAUAN.COM - Seekor harimau kembali masuk perangkap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Konservasi Wilayah Solok, di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, Minggu (28/6/2020) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB.

Penagkapan harimau tersebut merupakan solusi yang harus dilakukan pihak terkait, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebab, harimau itu sudah masuk ke memasuki permukiman warga setempat.

Kepala Resort KSDA Solok, Afrilius mengungkapkan, masuknya harimau kepermukiman warga dikarenakan habitatnya merasa terganggu oleh masyarakat itu sendiri. 

"Penyebab harimau diduga merupakan induknya itu masuk kepermungkiman adalah hewan yang menjadi mangsanya terus diburu. Jadi, kita tidak bisa menyalahkan kenapa harimau mulai masuk ke pekarangan warga," ujar Afrilius, Minggu (28/6/2020).

Ditambahkannya, selama habitatnya tidak terganggu, maka harimau tidak akan mau keluar dari pekarangannya. Karena pada hakikatnya, harimau yang merupakan hewan liar tidak akan mau bertemu dengan manusia.

"Berharap, kita (manusia) bisa hidup berdampingan dengan satwa liar seperti harimau ini. Apalagi keberadaannya juga membantu membasmi hama yang menjadi mangsanya," tutup Afrilius.

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]