Punya Segudang Karir di Bidang Politik, Agus Susanto Siap Maju di Pilbup Pasbar 2020


Ahad, 28 Juni 2020 - 18:13:01 WIB
Punya Segudang Karir di Bidang Politik, Agus Susanto Siap Maju di Pilbup Pasbar 2020 Anggota DPR RI komis VIII dapil Sumbar II yang membidangi Agama dan Sosial, Agus Susanto.

HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI komis VIII dapil Sumbar II yang membidangi Agama dan Sosial, Agus Susanto digadang-gadangkan mencalonkan diri sebagai bupati Pasaman Barat pada pesta demokrasi Desember mendatang.

Alumni Universitas Eka Sakti ini berasal dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan terpilih dari daerah pemilihan (dapil) Sumatra Barat II. Komisaris PT Sakti Margana ini juga memulai karir politiknya di PDIP.

Agus pertama kali terpilih menjadi wakil rakyat pada pemilu 2004 untuk DPRD Kabupaten Pasaman Barat dan meneruskan karir politiknya di DPRD Provinsi Sumatera Barat. Pada pemilu 2009 ia maju ke jenjang lebih tinggi, ini ditandai dengan terpilihnya Ia menjadi anggota DPRD Sumatera Barat. Kemudian ia terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mewakili Dapil Sumatera Barat II setelah memperoleh 39,131 suara.

Agus Susanto mengenali pertama kali dunia politik hampir dua puluh tahunan yang lalu di kota kelahirannya Ujung Gading pada masa orde baru. Saat itu di kota kelahirannya tersebut adalah basis sebuah partai yang identik dengan warga hijau, hampir disetiap orang kalau bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau keluarganya pasti akan berorientasi politik partai tersebut.

Ia memiliki sebuah keyakinan bahwasannya harus selalu memprioritaskan program-rogram pro rakyat ketika pembahasan RAPBD, karena target utama dari pembangunan nasional adalah masyarakat menengah bawah. Oleh karena itu merekalah yang paling pantas diperjuangkan.

Komisi yang ia duduki sekarang yakni komisi VIII DPR-RI memiliki rekan kerja yang bergerak di bidang yang sama seperti kementrian agama, kementrian sosial, kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Komisi perlindungan anak indonesia (KPAI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) dan instansi setara lainnya.

Aktivis PDIP Sumbar ini juga akan terus berbuat untuk masyarakat dan membuktikan bahwa pilihan politiknya juga mampu berbuat yang lebih baik untuk kehidupan masyarakatnya yakni milik rakyat, tidak hanya sebatas konstituen akan tetapi seluruh masyarakat Sumbar. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]