Harimau di Solok Diduga Masih Satu Keluarga dengan 'Putri Singgulung'


Ahad, 28 Juni 2020 - 18:48:44 WIB
Harimau di Solok Diduga Masih Satu Keluarga dengan 'Putri Singgulung' Seekor harimau kembali masuk perangkap di Solok.

HARIANHALUAN.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menduga bahwa harimau yang masuk terperangkap di Kabupaten Solok merupakan satu keluarga dengan harimau yang tertangkap pada Sabtu (13/6/2020) sekitar pukul 12.00 WIB lalu.

"Kalau seandainya masih satu keluarga, berarti ada seekor harimau lagi yang masih berkeliaran," ujar Kepala BKSDA Sumbar, Erly Sukrismanto, Minggu (28/6/2020).

Ditambahkannya, berdasarkan laporan yang didapat, harimau yang diduga induknya itu masuk dikawasan Bukit Singo-singo, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Minggu (28/6/2020) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

"Harimau itu berukuran besar, masuk perangkap pagi tadi, tidak jauh dari lokasi penangkapan sebelumnya," tambahnya lagi.

Sambung Erly, ia mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kemunculan hewan tersebut di ladang yang langsung berbatasan dengan hutan. Kemudian pihaknya langsung bergerak ke lokasi sekitar pukul 08.00 WIB setelah menerima dilaporkan.

"Kami belum menerima informasi selanjutnya dari tim kita dilapangan, mengingat tim medis hewan belum datang dilokasi," sambungnya.

Begitu juga dengan teknologinya, kata Erly, pihaknya juga belum mendapat infromasi secara pasti. Jadi hingga kini, belum diketahui kondisi harimau, apakah ada luka atau tidak.

"Namun yang perlu diantisipasi perburuan harimau oleh masyarakat setempat. Karena harimau itu murni hewan liar," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 17:58:23 WIB

    Seekor Harimau Kembali Masuk Perangkap di Solok, KSDA: Penangkapan Adalah Solusi Terakhir

    Seekor Harimau Kembali Masuk Perangkap di Solok, KSDA:  Penangkapan Adalah Solusi Terakhir HARIANHALAUAN.COM - Seekor harimau kembali masuk perangkap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Konservasi Wilayah Solok, di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, Minggu (28/6/2020) pagi, sekitar .
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 22:53:13 WIB

    Atasi Pukat Harimau di Pessel, Legislator Novermal Minta Tanah Untuk Pos AL Disegerakan

    Atasi Pukat Harimau di Pessel, Legislator Novermal Minta Tanah Untuk Pos AL Disegerakan PAINAN, HHARIANHALUAN.COM- Menanggapi persoalan illegal fishing pukat lampara dasar atau pukat harimau di perairan laut Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Anggota DPRD Pessel Novermal Yuska me.
  • Rabu, 11 September 2019 - 15:44:55 WIB

    Pukat Harimau Mulai Marak di Pessel

    Pukat Harimau Mulai Marak di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Seperti tak pernah jera, belasan Pukat Harimau diperairan laut Kecamatan Linggosaribaganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, kembali beroperasi hingga kini..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:35:09 WIB

    Aksi Pukat Harimau Kembali Marak di Pessel

    Aksi Pukat Harimau Kembali Marak di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Seperti tak pernah jera, keberadaan pukat harimau di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, kembali marak di daerah itu. Kondisi tersebut membuat warga sekitar resah, khususnya ne.
  • Senin, 03 Juni 2019 - 15:41:57 WIB

    Taman Satwa Kandi Datangkan Dua Ekor Harimau Sumatera

    Taman Satwa Kandi Datangkan Dua Ekor Harimau Sumatera SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Dua Ekor Harimau Sumatera kini kembali menghiasi koleksi Taman Satwa Kandi Kota Sawahlunto. Harimau Sumatra yang diberi nama " Upik Kandih" dan Gadih Boncah " itu merupakan keturunan Harimau asl.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]