Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya Imbau Penderita ISPA Segera Melapor ke Puskesmas


Ahad, 28 Juni 2020 - 19:54:39 WIB
Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya Imbau Penderita ISPA Segera Melapor ke Puskesmas Ist

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengimbau kepada warga yang datang dari luar daerah dan memiliki gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), agar segera mendaftarkan diri ke Puskesmas terdekat untuk mengikuti swab test.

"Tujuannya untuk mengimbangi tatanan hidup baru yang aman dari risiko terpapar Covid-19, dengan terus melakukan upaya deteksi dini bagi seluruh masyarakat," ungkap juru bicara gugus tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Minggu (28/6).

Tidak hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga meminta agar setiap orang mempertimbangkan manfaat dan mudharat jika berbelanja pada tempat-tempat yang tidak menerapkan standar protokol kesehatan, terutama membeli jenis kuliner yang makanannya disajikan tanpa penutup dan wadah yang higienis.

Terkait upaya menahan laju risiko penyebaran virus pandemi dunia itu, ia mengatakan hingga saat ini tersisa sebanyak tiga nagari atau desa adat di daerah itu yang masih belum memasuki status zona hijau.

"Masih ada pasien asal nagari itu yang belum dinyatakan sembuh, namun hingga saat ini tidak ada laporan kasus positif baru sehingga diharapkan dalam waktu dekat bisa diupayakan segera memasuki zona hijau, " jelasnya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 provinsi Sumatera Barat mengkonfirmasi pasien sembuh dari Covid-19 kembali bertambah sebanyak enam orang pada Minggu (28/6/2020), sehingga total sembuh sampai hari ini berjumlah 587 orang atau 80,90 persen.

"Pasien sembuh hari ini ada yang berasal dari Semen Padang Hospital dua orang, Dinkes satu orang dan RSUP M Djamil Padang tiga orang," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, Minggu (28/6/2020). (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]