Maju Lewat Jalur Independen, Ramal Saleh-Rustam Serahkan 40 Ribu Dukungan ke KPU Padang Pariaman


Ahad, 28 Juni 2020 - 20:01:01 WIB
Maju Lewat Jalur Independen, Ramal Saleh-Rustam Serahkan 40 Ribu Dukungan ke KPU Padang Pariaman Ramal Saleh.

HARIANHALUAN.COM - Ramal Saleh siap berlaga menjadi bakal calon Bupati Padang Pariaman pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lewat jalur independen. Ramal Saleh siap melenggang menuju kursi nomor satu di Padang Pariaman berpasangan dengan Rustam.

Melalui jalur independen, Ramal Saleh dan Rustam telah mengumpulkan dukungan KTP mencapai 40 ribu, namun setelah diseleksi oleh pihak KPU beberapa waktu lalu, dukungan tersebut menjadi sekitar 31 ribu. Menurut informasi, dalam penyiapan berkas perseorangan, Ramal Saleh memiliki tim sebanyak 20 orang untuk menyelesaikan 31 ribu dukungan ke dalam silon KPU yang tersebar dari 17 kecamatan di Padang Pariaman.

Tujuh kecamatan diantaranya menyerahkan dukungan di atas seribu KTP, sembilan kecamatan lebih dari 500 KTP, serta sejumlah nagari menyerahkan rata-rata dukungan 100 KTP. Alasan Ramal Saleh memilih Rustam sebagai pasangan dalam laga pesta demokrasi Desember mendatang karena yang bersangkutan merupakan seorang birokrat yang berpengalaman selama 30 tahun.

Sedangkan Ramal Saleh merupakan seorang pengusaha Sumbar yang bergerak dibidang eksport komoditas. Ia dipercaya menjadi Ketua Umum Asosiasi Komoditas Gambir Indonesia (AKGI). Melalui salah satu perusahaannya, CV Rasdi & Co, Ramal berhasil memproduksi tinta yang berasal dari gambir yang diharapkan bisa dipakai untuk kebutuhan pemilu di Sumatra Barat.

Ramal Saleh berhasil memproduksi tinta tersebut setelah melalui penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Industri (Baristan) Sumatra Barat. Ramal telah berkutat dengan komoditas gambir sejak tahun 1985 itu juga berencana untuk meneruskan penelitian tentang gambir agar tinta dari gambir bisa digunakan sebagai tinta printer komputer serta sebagai bahan pewarna tekstil yang ujung-ujungnya nanti bisa meningkatkan kesejahteraan petani gambir.

Ramal Saleh aktif dalam kepengurusan Kadin Padang (2002-2003), Wakil Ketua Bidang Perdagangan Kadin Sumbar (2005-2010) dan pernah menjadi Wakil Ketua Komite Perdagangan Internasional Kadin Indonesia (2009-2010). Puncak pengakuan Ramal Saleh sebagai eksportir adalah anugerah Pemerintah RI berupa Primaniyarta Award 2007. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden SBY di Istana Negara.

Karena itu, jika tahun 2017 ini Ramal Saleh maju menjadi Ketua Umum Kadin Sumbar bukanlah hal yang aneh. Ini adalah bagian dari keseharian dari bapak enam anak ini. Organisasi ini adalah bagian dari upaya membangun jaringan atau network, menghimpun permodalan dan merebut kemenangan dalam persaingan yang makin ketat dalam dunia usaha.

Ramal lahir di Pariaman tanggal 5 Mei 1962 dari keluarga yang sederhana. Masa kecilnya dihabiskan di Joorong Pincuran Songsang, Kecamatan VII Koto Sungai Sarik. Beranjak dewasa ia melanjutkan sekolah menengah di Dumai, Riau bersama orangtuanya.

Dalam perjalanan karirnya sebagai pengusaha, Ramal Saleh juga dipercaya membangun BUMD oleh pemerintah daerah. Tahun 2008-2011 Ramal Saleh menjadi Direktur Utama PT. Andalas Tuah Sakato, dan sebelumnya mendirikan CV. Minang Trading House (2005-2007). Sejak dua tahun terakhir, Ramal Saleh mengembangkan usaha ke bidang properti dengan bendera PT. Mari Bangun Rumah. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]