Ganti Oli Mobil Tidak Boleh Disemprot Angin, Ini Efeknya


Ahad, 28 Juni 2020 - 21:07:38 WIB
Ganti Oli Mobil Tidak Boleh Disemprot Angin, Ini Efeknya Ist

HARIANHALUAN.COM – Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu menjadi impian setiap orang. Namun untuk mewujudkannya tentu pemilik mobil harus rajin melakukan servis sesuai ketentuan yang berlaku, mulai dari mengganti oli mesin filter udara dan lain-lain.

Mengingat mengganti oli mesin cukup mudah, agar irit ongkos sebagian orang melakukan pergantian sendiri di rumah tanpa campur tangan teknisi. Tapi ada juga yang memboyong mobilnya ke bengkel resmi atau ke bengkel di pinggir jalan.

Biasanya bengkel resmi, atau bengkel yang beredar di pinggir jalan akan melakukan cara khusus dalam mengganti pelumas. Yang kerap dilakukan adalah menyemprotkan angin melalui kompresor untuk melunturkan oli mesin yang sudah terkuras.

Cara tersebut dilakukan demi menghilangkan sisa oli yang sebelumnya, karena butuh waktu lama untuk menunggu semua pelumas keluar dari ruang mesin. Padahal menyemprotkan angin tidak seutuhnya aman, terlebih kompresor jarang dibersihkan.

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi pernah mengatakann, bahwa menyemprotkan angin dari kompresor saat pergantian oli dikhwatirkan muncul uap air yang akan masuk ke dalam ruang mesin. 

“Uap air ini biasanya terdapat pada tabung angin (kompresor). Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya reaksi antar air dan komponen di dalam mesin yang dampaknya ke durability mesin,” ujarnya dikutip dari 100KPJ, Minggu (28/6/2020).

Kata Supriyadi, untuk mencegah uap air masuk ke dalam ruang mesin, setiap bengkel resmi harusnya ada SOP (standar operasional prosedur) membuang air pada tabung angin yang dilakukan setiap pagi sebelum bengkel itu mulai beroperasi.

Menurutnya kalau tidak yakin dengan bengkel tersebut untuk kualitas kompresornya, bisa melakukan cara lain untuk menurunkan sisa oli lama. Tapi waktunya cukup lama. “Sisa oli bisa dihilangkan dengan menunggu proses pembuangan beberapa saat untuk memastikan bersih,” sambungnya. (*)

 Sumber : 100KJP.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]