Disinfektan Langka, Sabun Cair Bisa Jadi Alternatif


Ahad, 28 Juni 2020 - 21:59:15 WIB
Disinfektan Langka, Sabun Cair Bisa Jadi Alternatif Ilustrasi Cairan Disinfektan (Foto: Washington Post).

HARIANHALUAN.COM - Awal kemunculan pandemi Covid-19, desinfektan menjadi salah satu jenis barang yang paling dicari masyarakat. Pasalnya, mereka akan menggunakan desinfektan untuk mematikan virus yang mungkin menempel pada benda.

Dengan permintaan pasar yang tinggi serta adanya masyarakat yang melakukan panic buying membuat desinfektan menjadi barang yang langka untuk ditemukan. Sedangkan kita harus tetap menjaga diri agar terhindari dari virus corona.

Profesor Riset Mikrobiologi dan Imunologi di Universitas Georgetown, Julie Fischer PhD, mengatakan, selama Anda masih memiliki sabun dan air, Anda sudah bisa menghilangkan virus dari tangan.

"Tidak diperlukan sabun khusus. Sabun batang atau cair akan tetap berfungsi asalkan mencuci tangan dengan benar selama 20 detik," tutur Julie seperti dilansir Health Line.

Jika Anda tidak memiliki sabun dan air, hand sanitizer bisa menjadi alternatif untuk membersihkan tangan. Dengan ketersediaan desinfektan yang terbatas, Fischer mencatat bahwa banyak orang telah membuat cairan pembersih ini secara homemade.

Untuk desinfeksi, Fisher mengatakan bahwa cairan pemutih rumah tangga yang diencerkan bisa berfungsi dengan baik. Caranya, encerkan menggunakan 1/3 cangkir pemutih per galon air (atau 4 sendok teh per liter).

Biarkan larutan pemutih berada di permukaan selama setidaknya 10 menit dan basahi kembali jika lebih cepat kering.

Pemutih encer harus dibuang dalam waktu 24 jam dan disimpan dalam wadah yang tidak tembus cahaya karena akan rusak dan menjadi tidak efektif.

Fischer mengatakan cairan desinfektan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol yang diencerkan dalam air juga merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan permukaan benda.

Gunakan botol semprot untuk mengaplikasikannya, semprot dan biarkan di permukaan benda selama setidaknya 30 detik agar virus mati. 

Fischer memperingatkan bahwa pemutih dan alkohol dapat mengeringkan kulit Anda, jadi kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan. Gunakan desinfektan ini di area yang berventilasi baik.

Terakhir, ia menambahkan, Anda harus membilas permukaan benda dengan air setelah disemprot desinfektan untuk menghilangkan residu yang tersisa. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 08:45:02 WIB

    Jangan Semprot Disinfektan ke Badan, Bahaya!

    Jangan Semprot Disinfektan ke Badan, Bahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Banyak orang yang berasumsi bahwa menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin dapat membunuh virus corona baru atau COVID-19. Itu karena bahan-bahan tadi banyak digunakan sebagai disinfektan..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 13:34:06 WIB

    Bagian Rumah yang Perlu Disemprot Cairan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona

    Bagian Rumah yang Perlu Disemprot Cairan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selama mewabahnya virus Corona, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi atensi utama setiap orang. Selain dengan mencuci tangan dan menjauhkan diri dari keramaian, memastikan rumah bebas dari papa.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 07:51:55 WIB

    Cuka dan Jeruk Nipis Bisa Jadi Disinfektan Alami, Dicoba Yuk!

    Cuka dan Jeruk Nipis Bisa Jadi Disinfektan Alami, Dicoba Yuk! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu cara untuk membersihkan kuman dan virus adalah menggunakan disinfektan. Tidak melulu mengandung alkohol, ada disinfektan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]