Vaksin Covid-19 Ditemukan, 2 Ini Kandidat Terkuatnya?


Senin, 29 Juni 2020 - 08:30:59 WIB
Vaksin Covid-19 Ditemukan, 2 Ini Kandidat Terkuatnya? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perlombaan menemukan vaksin Covid-19 terus berlangsung. Menurut chief scientist World Health Organization Soumya Swaninathan ada dua kandidat vaksin terdepan agar kembali hidup normal.

Setidaknya ada dua perusahaan berada di posisi terdepan dalam pembuatan vaksin. Yakni, perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca yang berkolaborasi dengan Universitas Oxford dan Moderna.

"Tentu saja dalam hal seberapa maju (vaksin), tahap di mana mereka berada, mereka jadi kandidat utama. Jadi mungkin saja mereka (Astra dan Moderna) akan mendapatkan hasil yang cukup awal," kata Swaminathan mengatakan pada konferensi pers sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (29/6/2020).

"Kami tahu bahwa vaksin Moderna juga akan masuk ke uji klinis fase tiga, mungkin mulai pertengahan Juli, dan agar calon vaksin tidak jauh di belakang," tandas Swaminathan.

"Tapi saya pikir AstraZeneca tentu memiliki cakupan yang lebih global saat ini dalam hal di mana mereka melakukan dan merencanakan uji coba vaksin mereka," lanjutnya.

Swaminathan juga mengungkapkan WHO sedang dalam pembicaraan dengan beberapa produsen China, termasuk Sinovac tentang vaksin potensial. Ia pun berujar tengah mengkaji vaksin dengan peneliti India.

Sebelumnya, AstraZeneca, yang tercatat di Bursa New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange. Perusahaan berencana memproduksi 2 miliar dosis vaksin virus corona baru penyebab Covid-19. Ini termasuk 400 juta untuk AS dan Inggris, serta 1 miliar untuk masyarakat di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

WHO sendiri sendiri mencatat ada 16 vaksin Covid-19 yang sudah diujicobakan ke manusia. Uji klinis fase tiga ada uji coba vaksin kepada masyarakat dalam jumlah yang lebih luas untuk mengetahui efektivitas dan kemanjuran vaksin.

Meski vaksin sudah memasuki uji klinis akhir tahap tiga tidak ada jaminan vaksin ini akan berhasil. Masuk ada kemungkinan vaksin tersebut gagal menjadi senjata melawan corona. Berikut 16 vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia dan sudah diuji ke manusia:

1. University of Oxford/AstraZeneca, Inggris, Fase 3
2. CanSino Biological Inc./Beijing Institute of Biotechnology, China, Fase 2
3. Moderna/NIAID, Amerika Serikat, Fase 2
4. Wuhan Institute of Biological Products/Sinopharm, China, Fase 1/2
5. Beijing Institute of Biological Products/Sinopharm, China, Fase 1/2
6. Sinovac, China, Fase 1/2
7. Novavax, Amerika Serikat, Fase 1/2
8. BioNTech/Fosun Pharma/Pfizer, Jerman, Fase 1/2
9. Institute of Medical Biology, Chinese Academy of Medical Sciences, China, Fase 1
10. Inovio Pharmaceuticals, Amerika Serikat, Fase 1
11. Genexine Consortium, Korea Selatan, Fase 1
12. Gamaleya Research Institute, Amerika Seritkat, Fase 1
13. Clover Biopharmaceuticals Inc./GSK/Dynavax, China, Fase 1
14. Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical/Institute of Microbiology    Chinese Academy of Sciences, China, Fase 1
15. Imperial College London, Inggris, Fase 1
16. Curevac, Jerman, Fase 1

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 11:00:54 WIB

    Duh, Vaksin Covid-19 Berpotensi Kurang Efektif pada Orang Obesitas

    Duh, Vaksin Covid-19 Berpotensi Kurang Efektif pada Orang Obesitas HARIANHALUAN.COM - Kegemukan atau obesitas telah diketahui menjadi salah satu faktor risiko dalam infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19. Peneliti menilai kelebihan lemak pada orang obesitas juga dapat membuat vaksin Cov.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 20:31:03 WIB

    Duh, Efektivitas Vaksin Corona Disebut Hanya 60%

    Duh, Efektivitas Vaksin Corona Disebut Hanya 60% HARIANHALUAN.COM - Penasihat Gedung Putih untuk virus corona dan juga Direktur Institut Nasional Penyakit Alergi dan Penyakit Menular AS, Dr. Anthony Fauci mengatakan bahwa upaya para ilmuwan menciptakan vaksin yang sangat ef.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:33:56 WIB

    Ini Kabar Terbaru Vaksin Corona Buatan RI

    Ini Kabar Terbaru Vaksin Corona Buatan RI HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Bio Farma telah semakin maju dalam pengembangan vaksin virus corona (COVID-19)..
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 13:32:17 WIB

    Siap-siap, Januari 2021 Vaksin Covid-19 Sudah Diberikan ke Warga

    Siap-siap, Januari 2021 Vaksin Covid-19 Sudah Diberikan ke Warga HARIANHALUAN.COM - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengajak semua masyarakat untuk menjadi relawan vaksin Covid-19. Karena, hingga saat ini masih dibutuhkan banyak relawan. Saat ini, yang sudah mendaftar menjadi relawan vaksin .
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 20:33:41 WIB

    6 Vaksin yang Pernah Dibiayai Bill Gates, Harganya Fantastis

    6 Vaksin yang Pernah Dibiayai Bill Gates, Harganya Fantastis HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tidak kenal Bill Gates, salah satu orang terkaya yang doyan berinvestasi dibidang kesehatan. Teranyar, Bill bersama Melinda Gates Foundation berdonasi hingga US$ 100 juta untuk meneliti vaksin C.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]