David Chalik Maju Pilwako Bukittinggi, Pengamat: Tak Tertutup Kemungkinan Menang


Senin, 29 Juni 2020 - 09:56:14 WIB
David Chalik Maju Pilwako Bukittinggi, Pengamat: Tak Tertutup Kemungkinan Menang Aidinil Zetra

HARIANHALUAN.COM - Perhelatan akbar Pilkada 2020 sebentar lagi akan berlangsung. Partai politik telah menyiapkan daftar nama calon yang akan diusung nantinya. Dari sekian banyak nama calon yang diusung parpol, terdapat nama salah seorang artis ibukota yaitu David Chalik.

David Chalik menyatakan keseriusan dirinya untuk maju pada Pilwako Bukittinggi 2020. Sebab, ia membeberkan alasan utamanya maju dalam Pilwako Bukittinggi tersebut salah satunya untuk membangun kota moyangnya tersebut. Baik itu dari segi pariwisata, PAD, dan sektor lainnya.

David yang juga merupakan artis ibukota tersebut lahir di Jakarta pada 13 April 1977. Ia merupakan aktor dan presenter berdarah Minangkabau yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. ia dikenal dengan aktif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Kemanusiaan bersama organisasi sosial dan turut aktif dalam kegiatan dakwah syiar Islam.

Walaupun dirinya dikenal publik sebagai artis ibukota, dirinya mengaku siap terjun ke politik dan ikut dalam pemilihan walikota nanti. Menurut pengamat di Sumatera Barat, Aidinil Zetra saat dihubungi Harianhaluan.com pada Senin (29/6) mengatakan tak tertutup kemungkinan David Chalik menang pada Pilwako 2020 mendatang.

Menurutnya, semua calon berpeluang untuk menang jika setiap calon memiliki modal politik, sosial. Tak hanya itu setiap paslon akan memiliki peluang menang yang besar tergantung pada bagaimana cara menggunakan modal tersebut untuk dapat dipilih masyarakat.

"Kalau bicara peluang untuk menang dalam pilkada sebetulnya semua calon punya peluang untuk menang kalau mereka memiliki modal politik, modal ekonomi, modal sosial, dan mampu menggunakan modal tersebut untuk mendapatkan dukungan pemilih," katanya.

Aidinil melanjutkan, setiap modal yang dimiliki paslon harus digerakan secara efektif oleh mesin politik. Mesin politik yang dimaksud adalah parrai pendukung, tim kemenangan atau tim sukses, dan calon itu sendiri. Sehingga, mesin politik sangat dituntup efektif membantu menaikan elektabilitas paslon.

Tak hanya itu, mesin politik tersebut juga harus bisa membuat paslon dikenal masyarakat luas. Namun, tak sekadar dikenal saja paslon harus mampu diterima masyarakat dengan beberapa kinerja dan efek positif yang telah dilakukan.

"Jadi peluang untuk menang bagi setiap calon termasuk David akan sangat tergantung kepada kemampuan mesin politiknya bekerja secara efektif dalam masa-masa yang sangat singkat ini tentu mesin politiknya tidak bisa bekerja dengan kecepatan rata-rata karena mesin politik lawan telah mulai bergerak jauh-jauh hari.

kemudian peluang kemenangan sangat ditentukan oleh sejauh mana mesin politik mampu membuat calon itu dikenal kemudian dapat diterima dan akhirnya akan dipilih oleh masyarakat," ujarnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]