Kementerian Kesehatan Disentil, Jokowi: Jangan Bertele-tele!


Senin, 29 Juni 2020 - 11:49:36 WIB
Kementerian Kesehatan Disentil, Jokowi: Jangan Bertele-tele! Menkes Terawan

HARIANHALUAN.COM - Presiden Jokowi meminta rantai birokrasi selama penanganan covid dipersingkat. Ia tak ingin lagi melihat pelayanan terhadap pasien maupun keluarga korban yang wafat akibat virus tersebut terkesan lamban.

"Selanjutnya saya minta agar pembayaran reimbursement untuk pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan covid ini dipercepat pencairannya. Jangan sampai ada keluhan. Misalnya yang meninggal itu harus segera, bantuan santunan itu harus mestinya begitu meninggal bantuan santunan harus keluar," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 29 Juni 2020.

"Prosedurnya di Kementerian Kesehatan betul-betul bisa dipotong. Jangan sampai bertele-tele," tambahnya.

Menurut Jokowi, permasalahan yang diketahui olehnya mengenai pelaksanaan uji medis baik dengan metode rapid test maupun PCR atau polymerase chain reaction untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus. Masyarakat, kata dia, perlu disosialisasikan pentingnya mengikuti tes.

"Ini karena apa? Mungkin datang- datang pakai PCR, datang-datang rapid test, belum ada penjelasan terlebih dahulu, sosialisasi dulu ke masyarakat yang akan didatangi. Sehingga yang terjadi adalah penolakan," ujarnya.

Masalah lain yang ditemukan Jokowi agar segera dibereskan oleh anak buahnya adalah kasus mengenai pengurusan jenazah. Beberapa kasus ditemukan keluarga pasien memaksa mengurusi jenazah sendiri dan tidak mengikuti protokol kesehatan.

Lagi-lagi mantan Wali Kota Solo ini bilang, permasalahan yang kerap muncul di sejumlah daerah lantaran terjadinya miskomunikasi.

"Pelibatan tokoh-tokoh agama, masyarakat, rohaniawan, sosiolog, antropolog dalam komunikasi publik harus secara besar-besaran kita libatkan. Sehingga jangan sampai terjadi lagi merebut jenazah yang jelas-jelas covid-19 oleh keluarga," kata dia.(*)

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:37:54 WIB

    Kementerian Agama Ajukan Rp 66 Triliun untuk Anggaran 2021

    Kementerian Agama Ajukan Rp 66 Triliun untuk Anggaran 2021 HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama mengapresiasi keputusan Kerajaan Arab Saudi membatasi penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M secara terbatas untuk Warga Negara Saudi dan Warga Negara asing atau ekspatriat yang saat ini suda.
  • Selasa, 07 April 2020 - 11:52:12 WIB

    Berikut Anggaran Sejumlah Kementerian yang Dipangkas Jokowi

    Berikut Anggaran Sejumlah Kementerian yang Dipangkas Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memangkas anggaran Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Invasi Nasional (Kemenristek) hingga 94 persen dalam revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara .
  • Senin, 06 April 2020 - 08:39:58 WIB

    Kementeriannya Luhut Tetapkan Kenaikan Harga Tiket Bus

    Kementeriannya Luhut Tetapkan Kenaikan Harga Tiket Bus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19 atau Virus Corona, pemerintah terus melakukan berbagai kebijakan ketat bagi masyarakat yang tetap melaksanakan mudik, salah satunya mengimplementasikan jaga.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 23:23:25 WIB

    Asosiasi Media Kritik Kementerian Luhut Abai Cegah Corona

    Asosiasi Media Kritik Kementerian Luhut Abai Cegah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengkritik langkah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang masih menggelar kegiatan peliputan secara tatap muka di t.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 21:41:27 WIB

    Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media!

    Jokowi Akan Umumkan Kementerian Berkinerja Buruk ke Media! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi sanksi ke kementerian/lembaga (k/l) dan pemerintah daerah (pemda) yang berkinerja buruk. Sanksi berupa teguran tertulis, publikasi di media massa nasional.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]