Gugatan terhadap Wali Kota Solok Resmi Terdaftar di PTUN Padang


Senin, 29 Juni 2020 - 18:08:42 WIB
Gugatan terhadap Wali Kota Solok Resmi Terdaftar di PTUN Padang Erlinda bersama dengan kuasa hukumnya saat memberikan keterangan pers kepada wartawan.

HARIANHALUAN.COM - Diberhentikan tak sesuai aturan, mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Solok, Erlinda mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN). Disebutkan kuasa hukumnya, Zulkifli mengatakan, kliennya mengajukan gugatan pemberhentiannya sesuai dengan surat Keputusan Nomor: 188.45-482-2020 tertanggal 8 Juni 2020. 

"Pencopotan sebagai Kepala Dinas hanya berdasarkan merasa tidak senang atas pernyataan suami kliennya yang berbeda pandangan politik dengan Wali Kota," ujar Zulkifli, Senin (29/6/2020).

Ditambahkannya, karena permasalahan tersebut, kliennya yang ketika itu menjabat sebagai kepala Dinas PMPTSP menjadi sasaran atas perbedaan pandangan politik antara walikota dengan suaminya itu. "Sikap walikota tentu berlawanan dengan mekanisme dalam hal pemberhentian yang diatur dalam PT 53 tahun 2010 dan dalam aturan Kepala BKN nomor 21 tahun 2010," terangnya.

Dikatanya, pengangkatan dan pencopotan jabatan ada pada wewenang wali kota. Namun, hal tersebut mestinya harus ada aturan yang tertulisnya yang sesuai peraturan. Dalam persoalan keputusan mencopot dari jabatan membuat kepentingan pribadi kliennya sangat dirugikan. 

"Keputusan walikota bersifat individual, kongkrit dan akhirnya menimbulkan kerugian materi pada diri klien kami seperti tidak menerima tunjangan, gaji dan fasilitas lainnya," tutupnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 15:39:07 WIB

    Abaikan Putusan PTUN, Irvan Khairul Ananda Ajukan Gugatan Baru Terhadap Gubernur

    Abaikan Putusan PTUN, Irvan Khairul Ananda Ajukan Gugatan Baru Terhadap Gubernur HARIANHALUAN.COM - Mantan Kepala Dinas Kesbangpol Sumbar, Irvan Khairul Ananda kembali mengajukan gugatan baru ke Pengadilan Negeri (PN) Klas 1 A Padang, terhadap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Gugatan itu dikarenakan tergug.
  • Rabu, 07 Agustus 2019 - 23:56:11 WIB

    Gara-gara Gugatan Pemilu, Kota Ini Sekarang Tanpa Anggota DPRD

    Gara-gara Gugatan Pemilu, Kota Ini Sekarang Tanpa Anggota DPRD PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 45 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, hingga jelang pelantikan pada 14 Agustus disimpan ke gudang. .
  • Ahad, 21 April 2019 - 17:03:07 WIB

    Gugatan Masyarakat Tompek Agam Ditolak Pengadilan

    AGAM, HARIANHALUAN.COM - Majelis Hakim PN Lubuk Basung yang diketuai Teti Sulastri, dan Hakim Anggota Ida Maryam Hasibuan dan Shinta Nike Ayudia, menolak gugatan kelompok class action, terhadap PT. PPR (Perkebunan Pelalu Raya.
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 01:14:47 WIB

    Pemkab Pasbar Siap Hadapi Gugatan Mantan Kepala BKD

    PASBAR, HALUAN — Pemerintah Kabu­paten Pasaman Barat (Pasbar) mengaku siap menghadapi gugatan yang dila­yang­kan mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat, Nofdinal Yefri ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)..
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 04:34:18 WIB
    TAK DIHADIRI TERGUGAT TIGA

    Sidang Gugatan PT. KE Ditangguhkan Lagi

    Sidang Gugatan PT. KE Ditangguhkan Lagi PADANG PANJANG, HALUAN—Sidang atas gugatan yang dilayangkan PT. Kultindo Ereshamas (KE) kepada Pemko Padang Pan­jang (tergugat 1), DPRD Padang Panjang (2) dan PT. Hutama Karya (3), terkait pem­bangu­nan Pasar Pusat Padan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]