Risma Sujud dan Menangis di Depan IDI, Minta Warganya Dirawat di RSU Soetomo


Senin, 29 Juni 2020 - 18:19:23 WIB
Risma Sujud dan Menangis di Depan IDI, Minta Warganya Dirawat di RSU Soetomo Wali Kota Risma sujud dan menangis di depan IDI

SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Tri Rismaharini mengaku sudah berusaha membangun komunikasi dengan RSU dr Soetomo selama ini. Dia mengharapkan warganya yang terinfeksi COVID-19 dirawat di rumah sakit milik Pemprov Jatim. Risma pun menangis dan sujud saat audiensi bersama IDI Surabaya dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

Direktur RSU dr Soetomo, dr Joni Wahyuhadi menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah menolak warga Surabaya dengan gejala berat untuk dirawat di Soetomo.

"Kami juga merawat pasien asal Surabaya," kata Joni kepada detikcom, Senin (29/6/2020).

Joni menyebut saat ini kondisi RSU dr Soetomo penuh. 79 Persen pasien yang menghuni RSU dr Soetomo saat ini adalah warga Surabaya.

"79 Persen pasien (COVID-19) yang kita rawat orang Surabaya," terangnya.

Terkait komunikasi yang disebut Risma bahwa pihaknya tidak bisa berkomunikasi dengan Soetomo, Joni menanyakan hal tersebut.

"Komunikasi gimana? Itu ada Ketua Pinere RSU dr Soetomo, Dokter Sudarsono," pungkasnya.

Wali Kota Risma menangis dan bersujud dua kali kepada Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Remerging (Pinere) RSU dr Soetomo, dr Sudarsono, pagi tadi. Risma menangis lantaran tidak bisa berkomunikasi dengan RSU dr Soetomo, padahal dirinya sudah membuka dan membangun komunikasi berkali-kali.

Namun hasilnya tetap nihil. Dia mengharapkan warganya yang terkena COVID-19 bisa dirawat di RSU dr Soetomo.

"Tolonglah kami jangan disalahkan terus. Apa saya rela warga saya mati. Kita masih ngurus orang meninggal jam 03.00 pagi, bukan warga Surabaya. Kami masih urus," lanjut Risma sambil menangis.

Setelah bangun dari sujudnya, Risma mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa masuk ke rumah sakit milik Pemprov Jatim itu.

"Kami tak terima. Karena kami tak bisa masuk ke sana (RSU dr Soetomo untuk komunikasi)," kata Risma sambil menangis di mejanya.

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]