Pesisir Selatan Sambut Pengembangan Kawasan Ekowisata, Bupati Hendrajoni: Sekaligus Antisipasi Illegal Logging


Senin, 29 Juni 2020 - 19:47:31 WIB
Pesisir Selatan Sambut Pengembangan Kawasan Ekowisata, Bupati Hendrajoni: Sekaligus Antisipasi Illegal Logging Bupati Pesisir Selatan H Hendrajoni foto bersama dengan Kepala BPTN Wilayah II, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, Junaidi dan Kasi PTN Balai wilayah III Painan, Laskar Jaya Permana.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan  H.Hendrajoni menerima kunjungan Kepala BPTN Wilayah II, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, Junaidi dan Kasi PTN Balai wilayah III Painan, Laskar Jaya Permana, di ruang kerjanya, Senin (29/6). 

Dikatakan Hendrajoni, Nagari Sungai Gambir Sako, Kecamatan Ranah IV Hulu Tapan, merupakan salah satu Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan yang berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 

Ia berharap, dengan adanya pengembangan Kawasan Ekowisata mampu mengantisipasi aktifitas ilegal logging di wilayahnya. Penertiban ilegal loging tersebut  membutuhkan pengawasan dan penertiban  semua element masyarakat. 

Berkat kerja keras dari Balai Besar TNKS Seblat serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Penegak Hukum (APH), dan masyarakat setempat, aktifitas Ilegal Logging ini bisa dihentikan,kata  Hendrajoni.

Pemkab Pesisir Selatan, sejauh ini tetap komit menjaga pelestarian keanekaragaman hayati yang telah ditetapkan sebagai kawasan warisan alam dunia " The Tropical Rainforest Haritage Of Sumatera ( TRHS) Seblat,” khususnya di daerah Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai  Kepala Daerah siap turun langsung memimpin operasi penertiban ilegal logging, akibat ulah prilaku oknum masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan.

Selain itu, Hendrajoni mengajak masyarakat untuk meningkatkan pengawasan  kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, pengembangan Ekowisata menjadi salah salah satu solusi, kemudian potensi  kekayaan Sumber Daya Alam(SDA) yang dimiliki Pessel patut dibanggakan serta berbagai nilai budaya masyarakatnya. Hal tersebut  akan menjadi salah satu destinasi penyangga yang menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan semakin mempesona di mata dunia.

Kepala BPTN Wilayah II, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat, Junaidi didampingi, Kasi PTN Balai wilayah III Painan, Laskar Jaya Permana sangat komit mendorong terus Pemerintah Daerah untuk bisa dikembangkan ekowisata dalam rangka optimalkan fungsi TNKS. 

Untuk  kelestarian hutan diharapkan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat terus bersinergi dengan komunitas ekowisata dan masyarakat dan menjadikan Nagari Sungai Gambir Sako dan Nagari lainnya di Pesisir Selatan  memiliki potensi untuk pengembangan ekowisata di daerah ini. (*)
 

Reporter : M. Joni | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]