Tahun Ini, Terjadi Lonjakan Pelamar Mahasiswa Baru di PNP


Selasa, 30 Juni 2020 - 05:59:40 WIB
Tahun Ini, Terjadi Lonjakan Pelamar Mahasiswa Baru di PNP Pengecekan suhu tubuh kepada pelamar yang mendaftar di PNP. Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengaku awalnya dirinya agak pesimis akan animo pelamar dikarenakan pandemi Covid-19. Namun ternyata jumlah pelamar justru meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Jika tahun kemaren pelamar SBMPN hanya 4.300 orang, sekarang sudah melebihi 7.000 orang. Di sisi lain, SNMPN tahun kemaren tercatat sekitar 11.000 orang, sekarang meningkat menjadi sekitar 13.000 orang," paparnya mengenai animo pelamar secara umum terhadap kelas yang ditawarkan.

Lebih lanjut, kata Surfa Yondri, Politeknik menyelenggarakan 4 macam seleksi dalam rekrutmen atau penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Pertama, SNMPTN seperti program mahasiswa undangan, program kerjasama konsorsium 42 politeknik se-Indonesia. Ujian yang diikuti lebih dari 13.000 pelamar tersebut sudah diterima sekitar 400 orang.

Kedua, SBMPN yang pelamarnya mencapai sekitar 6.000 lebih dan seleksinya dilaksanakan secara porto folio, berdasarkan nilai rapor.

Ketiga, SBMPT/ UTBK Universitas untuk program sarjana terapannya. Metode seleksinya, jika calon peserta sudah memilih politeknik, mereka tiak boleh memilih universitas. Begitu juga sebaliknya, jika mereka sudah memilih universitas, mereka tidak boleh memilih politeknik.

Dalam SBMPT/ UTBK ini politeknik hanya mengikutkan Program Sarjana Terapan atau Diploma 4.

"Setelah itu, pihak PNP melakukan seleksi mandiri di kampus PNP yang belum ditentukan jadwalnya. “Karena kita harus melihat perkembangan Covid-19 ini nantinya," jelas Surfa Yondri. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]