Duet Nasrul Abit-Indra Catri Siap Bertarung di Pilkada Sumbar, Diusung Partai Gerindra


Selasa, 30 Juni 2020 - 06:02:52 WIB
Duet Nasrul Abit-Indra Catri Siap Bertarung di Pilkada Sumbar, Diusung Partai Gerindra Nasrul Abit. Dok Singgalang

HARIANHALUAN.COM - Bakal calon Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (NA) yang juga menjabat Wakil Gubernur Sumbar akhirnya memilih Indra Catri (IC) Bupati Agam sebagai pasangannya untuk mengarungi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020. Duet NA-IC diusung partai Gerindra yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar.

Sebagai partai politik yang besar, Gerindra tentunya memiliki mesin politik yang bisa diandalkan. Ditambah massa Prabowo di Minangkabau, digadang mampu meraup suara banyak.

Bersama tim sukses, pasangan ini memperkenalkan diri didepan awak media beberapa waktu lalu. Mereka menegaskan, keikutsertaan dalam kontestasi Pilkada Sumbar 2020 untuk membangun Ranah Minang lebih unggul.

Lantas seperti apa sipak terjang Nasrul Abit? Berikut ulasannya yang dirangkum Harianhaluan.com.

Nasrul Abit memiliki gelar Datuak Malintang Panai, dia lahir di Air Haji, Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, 24 Desember 1954. Nasrul Abit dan wakil yang mendampingi tidak diragukan lagi, pengalamannya dua periode 2005-2015 sebagai mantan Bupati Pesisir Selatan cukup untuk membuktikan kematangan berpolitiknya dan kinerjanya dalam memperjuangan aspirask masyarakat.

Pada 17 Juli 2017 silam, Nasrul Abit menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sumbar. Pada 11 Desember 2019, Nasrul Abit menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sumbar.

Tak hanya itu, Nasrul Abit juga pernah menjabat Staf Subag Umum Kanwil Depkes Provinsi Bandar Lampung 1977—1991, Asisten Teknis Proyek Peningkatan RSU Prov Lampung 1990—1995, Kasubag Perlengkapan Kanwil Depkes Prov Lampung 1991—1995,

Pimbagpro Prasarana Fisik Fasilitas Kerja Kanwil Depkes Prov Lampung 1997—1999, Pjs Kasubag Umum Kanwil Depkes Prov Lampung 1999, Kabag Tata Usaha Kanwil Depkes Prov Lampung 1999—2000, Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000—2005, dan saat ini Wakil Gubernur Sumatra Barat 2016—sekarang.

Dari segi pendidikan, Nasrul Abit tak kalah hebatnya dibandingkan bakal calon Gubernur lainnya. Dia memulai pendidikannya di SD Air Haji, SLTP/ST Balai Selasa, SLTA/STM Padang. Setelah lulus SLTA, Nasrul Abit melanjutkan pendidikan Diploma II AAN Bandar Lampung, lalu mengambil Sarjana Universitas Bandar Lampung.

Calon yang diusung Nasrul Abit, yakni Indra Catri juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Indra Catri yang merupakan Bupati Agam dinilai mumpuni memajukan daerah tersebut. Namanya tidak asing lagi di Agam terutama di kalangan petani yang merupakan mayoritas penduduk kabupaten itu. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]