Menakar Pilkada Sumbar 2020, Ini Nama-nama Tenar yang Bakal Bertarung


Selasa, 30 Juni 2020 - 06:09:31 WIB
Menakar Pilkada Sumbar 2020, Ini Nama-nama Tenar yang Bakal Bertarung Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah kandidat sudah bermunculan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020. Munculnya nama-nama kandidat tersebut persaingan diprediksi berlangsung sengit. Nama-nama itu, mulai dari incumbent, anggota legislatif, mantan Kapolda Sumbar, hingga pengusaha.

Diketahui, dengan komposisi 65 kursi di DPRD Sumbar maka pasangan bakal calon kepala daerah setidaknya harus mampu mendapatkan dukungan agar bisa mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dari penelusuran Harianhaluan.com, saat ini ada beberapa nama yang sudah mengerucut. Diantaranya, adalah Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang berpasangan dengan Bupati Agam, Indra Cantri. Pasangan ini resmi diusung partai Gerindra pada Selasa (23/6/2020) lalu.

Selanjutnya ada mantan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal yang berduet dengan Wali Kota Pariaman, Genius Umar. Mereka yang digadang-gadangkan maju Pilkada Sumbar melalui jalur perseorangan atau independen.

Nama lain yang mencuat adalah Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, disebut-sebut akan kembali maju. Wali Kota Padang dua periode inj juga merupakan kader PKS itu disebut-sebut akan bergandengan dengan Pengusaha Muda Sukes asal Minangkabau, Audy Joinaldy.

Ada pula nama Anggota DPR RI, Mulyadi. Awalnya, Mulyadi digadang-gadangkan akan berpasangan dengan Shadiq Pasadique yang dalam Pemilu 2020 lalu jadi Caleg DP RI dari PAN dan berharap PAN bisa mengusung Shadiq lagi.

Namun melihat situasi politik dengan majunya Ketua DPW PAN Ali Mukhni, situasi menjadi lain. Dan percaturan politik Sumbar kini sedang ketat-ketatnya.

Selanjutnya, ada politisi muda Faldo Maldini. Faldo pun menyebutkan bahwa dirinya siap bertarung pada pesta demokrasi lima tahunan itu. Saat ini menguak kabar, Faldo akan berpasangan dengan Staf Khusus Kemendes PDTT RI, Febby Dt. Bangso.

Menariknya pada Pilkada Sumbar 2020 kembali muncul wajah lama, yakni mantan Wali Kota Padang dua periode 2004-2013, Fauzi Bahar. Saat ini Fauzi Bahar juga belum memastikan siapa yang akan bersandingan dengan dirinya.

Nama beken yang juga mucul adalah Bupati Padang Pariaman dua periode, Ali Mukhni. Meski disaat ini belum terdengar kabar siapa yang akan mendampinginya, PAN juga memiliki 10 kursi di DPRD Sumbar.

Nama tenar terakhir yang disebut-sebut akan maju dan berpotensi sampai pada pendaftaran di KPU adalah Riza Falepi. Dengan bermodal pernah sebagai Anggota DPD RI pada tahun 2009—2012, dan saat ini menjabat Wali Kota Payakumbuh. Tak heran nama Riza Falepi cukup melekat dihati masyarakat. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]