Tips Mudah Merawat Kaktus di Rumah untuk Pemula


Selasa, 30 Juni 2020 - 06:32:57 WIB
Tips Mudah Merawat Kaktus di Rumah untuk Pemula Cara merawat kaktus. Foto: Getty Images/iStockphoto/FilippoBacci

HARIANHALUAN.COM - Cara merawat kaktus bisa dipelajari. Kaktus dan sukulen termasuk dalam kelompok yang sama. Keduanya memiliki karakteristik yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang panas. Agar dapat tumbuh dengan baik kaktus membutuhkan perawatan.

Cara merawat kaktus termasuk mudah karena penyiramannya tidak harus dilakukan setiap hari. Namun teknik penyiraman yang salah bisa membuat kaktus mengalami busuk batang. Kaktus yang disimpan dalam ruangan juga perlu disinari beberapa kali dalam seminggu, gunakannya agar kaktus tetap mendapatkan nutrisi yang baik dari sinar matahari.

Jenis-jenis kaktus yang sering dipilih sebagai tanaman hiaspun beragam jenisnya. Salah satunya ada kaktus mini, kaktus koboi, kaktus centong, kaktus karang hingga kaktus otak.

Berikut cara merawat kaktus yang benar:

1. Sinar Matahari


Kaktus yang ditanam di dalam ruangan sesekali harus dikeluarkan agar tampak segar. Hal ini bertujuan supaya kaktus mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Anda bisa menjemur kaktus atau memaparkan sinar matahari satu atau dua minggu sekali.

Untuk memudahkan Anda bisa menaruh kaktus di dekat jendela. Sehingga kaktus masih mendapatkan asupan sinar matahari dalam jumlah yang cukup. Dikutip dalam gardenhealth, kaktus dan sukulen berkembang dengan sumber cahaya yang baik. Namun jangan menempatkan kaktus di bawah sinar matahari langsung karena cahaya yang intens dapat membuat tanaman berubah warna menjadi kuning.

2. Media

Dalam buku 'Kaktus, Cantik dan Unik' oleh Yuliana C. Leo dan N.S. Budiana, kaktus menyukai media tanam yang kering dan tidak mengikat air terlalu lama. Apabila drainase buruk, tanaman akan terserang penyakit busuk akar. Cara pencegahannya adalah dengan mensterilkan media yang digunakan.

Tanaman kaktus sebagiknya menggunakan pot berlubang agar air meresap dengan baik sehingga media tidak becek. Dan media yang sudah padat perlu diganti dengan media baru.

3. Penyiraman

Meskipun kaktus tidak menyukai media tanah yang basah, bukan berarti kaktus tidak membutuhkan air. Penyiraman harus disesuaikan dengan sifat tanaman kaktus dan tidak boleh berlebihan supaya akar tidak busuk. Akan tetapi jika penyiraman sangat kurang bisa berakibat pada tanaman kaktus yang dehidrasi. Kaktus yang kekurangan air ditandai dengan batang mengerut dan kerdil.

Sehingga penyiraman harus teratur sesuai kebutuhan misalnya seminggu sekali. Saat proses penyiraman ketika air sudah keluar dari lubang bawah pot ini berarti sudah cukup. Gunakan sprayer untuk menyiram agar air yang keluar lebih halus dan tidak merusak tanaman.

4. Pemindahan Pot

Pemindahan pot kembali atau repotting dilakukan jika kondisi perakaran tanaman terlah berkembang baik sehingga akar keluar dari pot, media telah berlumut dan padat hingga kaktus tidak bertunas.

Buku berjudul 'Mempercantik Kaktus dan Meningkatkan Nilai Jualnya' oleh Ir. Joesi Endah H & Tim Lentera memberikan cara melakukan repotting yang benar untuk kaktus mini atau tumbuhan kaktus lainnya:

1. Membongkar kaktus dalam pot dengan cara menyiram media tanam sampai cukup basah sehingga kaktus mudah dicabut. Akarnya dapat disemprot dengan sedikit fungsida dan letakkan kaktus ditempat yang kering dan teduh.

2. Siapkan ,media tanam dan pot baru. Pastikan ukuran pot lebih besar dari sebelumnya. Pot diisi dengan media tanam yang baru dan steril.

3. Saat memindahkan kaktus harus ditanam tegak. Tanaman kaktus dalam pot baru diletakkan di tempat yang teduh dan tidak disiram terlebih dulu selama dua minggu agar kaktus dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan terlebih dulu. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 16:21:32 WIB

    Tips Menggoreng Tahu agar Tidak Keriput

    Tips Menggoreng Tahu agar Tidak Keriput HARIANHALUAN.COM - Tahu kerap menjadi solusi jika bingung membuat aneka masakan di rumah. Hal ini karena tahu bisa cocok disajikan sebagai menu utama atau camilan. Salah satu yang kerap menjadi camilan favorit adalah tah.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 14:45:48 WIB

    Mau Traveling Pada Masa New Normal, Ikuti Tips Berikut

    Mau Traveling Pada Masa New Normal, Ikuti Tips Berikut HARIANHALUAN.COM - New Normal atau normal baru akan dan segera diterapkan, namun bagi para penyuka jalan-jalan harus tetap menjaga diri dan orang sekitar selama traveling..
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 19:15:49 WIB

    Tips Mengatur Dana Pensiun untuk Pekerja Lepas

    Tips Mengatur Dana Pensiun untuk Pekerja Lepas HARIANHALUAN.COM - Mengatur dana pensiun penting untuk dilakukan setiap orang menghadapi hari tua, termasuk pekerja lepas yang penghasilannya tak tentu besarannya setiap bulan..
  • Senin, 15 Juni 2020 - 10:50:51 WIB

    Tips Membersihkan Sisa-sisa Nasi yang Menempel di Mangkuk Rice Cooker

    Tips Membersihkan Sisa-sisa Nasi yang Menempel di Mangkuk Rice Cooker HARIANHALUAN.COM - Untuk ibu-ibu yang suka masak nasi, pasti ada hal menyebalkan ketika membersihkan rice cooker. Apalagi kalau bukan sisa-sisa nasi yang menempel di bagian dalam rice cooker, iya bukan?.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 06:22:11 WIB

    Tips Aman Belanja ke Pasar ala Jubir Cantik Satgas Covid-19

    Tips Aman Belanja ke Pasar ala Jubir Cantik Satgas Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini pasar tradisional rentan menjadi tempat penularan virus Corona COVID-19. Banyaknya orang yang datang dari segala penjuru kota, membuat pasar penuh, sesak, hingga membuat virus dengan mudahnya meny.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]